Beranda Halmahera Selatan Pemkab Halsel dapat Jatah 17 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

Pemkab Halsel dapat Jatah 17 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

714
0
BAGIKAN

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), kembali mendapat jatah tenaga kesehatan Nusantara Sehat yang ke 9 kalinya selama pemerintahan defenitif.

Pasalnya, program tersebut dibuat untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).

Ke 17 tenaga kesehatan program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan tersebut diterima langsung oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba, Rabu, (06/06/18),yang bertempat di Kantor Bupati Halsel.

Tim Nusantara Sehat terdiri dari perawat, bidan, kesehatan lingkungan, tenaga analis, kesehatan masyarakat, farmasi dan 1 dokter.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bahrain Kasuba memberikan apresiasi dan dukungannya kepada para tenaga kesehatan terpilih atas kesediaannya untuk mengabdi serta bertugas di tiga Puskesmas di kabupaten Halsel, selama dua tahun.

“Selaku kepala daerah, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Halmahera Selatan,”ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang tenaga kesehatan, sehingga hadirnya tenaga kesehatan Nusantara Sehat ini bisa membantu program Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah dengan kehadiran para tenaga kesehatan Nusantara Sehat dari Kementerian ini semua cita-cita dan harapan Pemda bisa menyehatkan masyarakat Halsel, agar hidup sehat, “ungkap Bupati.

Dirinya juga berharap kepada Kementerian Kesehatan dapat mengirim tenaga kesehatan yang lebih banyak lagi ke Halsel, agar bisa disebarkan di semua Puskesmas yang ada di Halsel untuk bisa meningkatkan pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas dan martabat bagi masyarakat Halsel.

“Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, dan para adik-adik tenaga medis Nusantara Sehat agar bertugas dengan sebaik-baiknya untuk mendukung kemajuan Pembangunan kesehatan Daerah ini,” harap Bahrain.

Orang nomor satu di Halsel ini juga berkomitmen dengan program Pemerintah Daerah dalam Dasa Cita, kedepannya Halsel bebas Malaria serta virus berbahaya yaitu Rubella dan Stunting.

“Pemerintah Daerah berkomitmen Halsel bebas dari segala penyakit berbahaya, dan akan siap mendukung imunisasi Virus Rubella dan Imunisasi Campak,” jelas mantan Ketua DPRD Halsel dua periode ini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Rajak menjelaskan bahwa Program Kesehatan Nusantara Sehat tahun merupakan ini merupakan angkatan ke 9, setelah tahun lalu Halsel juga mendapatkan kebagian Nusantara Sehat.

“Ada 17 tenaga medis dari Kementrian Kesehatan salah satunya dokter, yang akan ditempatkan di tiga Puskesmas, yakni Desa Sum, Gane Dalam dan Kukupang”, kata Ahmad.

Diketahui, Program Nusantara Sehat yang digagas Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek ini dibuat untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), tim Nusantara Sehat ini bertugas di tiga lokasi, yakni, Puskesmas Sum, dan Gane Dalam dan Kukupang. (Raja)