Beranda Halmahera Selatan Cikal Bakal Negeri Saruma

Cikal Bakal Negeri Saruma

52
0
BAGIKAN
Dua Tahun BK-IS Raih 11 Penghargaan

LABUHA – Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang dikenal dengan sebutan Negeri Saruma pada tanggal 9 Juni 2018 telah memasuki usia 15 tahun. Diusia 15 tahun Kabupaten Halmahera Selatan bukan lagi sebuah kabupaten yang baru. Selama perjalanan 15 tahun beragam prestasipun ditorehkan.

Torehan prestasi dan penghargaan mulai dari tingkat nasional hingga internasional pada saat Kabupaten Halmahera Selatan dipimpin oleh Bupati Bahrain Kasuba dan Wakil Bupati Iswan Hasim (BK-IS).

Bahrain Kasuba dan Iswan Hasim yang terpilih melalui pemilihan kepala daerah pada tahun 2015 dan tepat pada tanggal 23 Mei 2016 dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.82-4861 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 132.82-4861 tanggal 19 Mei 2016 itu bisa dibilang cukup berprestasi dalam pengelolaan pemerintahan.

Dalam masa dua tahun kepemimpinan BK-IS mendapatkan Penghargaan Dana Rakca 2016 dari Presiden RI Kepada Bupati Halsel Sebagai Daerah berkinerja baik kategori pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik serta ekonomi dan kesejahteraan, penghargaan dari Menteri Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Halsel atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2015 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Penghargaannya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Pemerintah Kabupaten Halsel dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat tahun berturut-turut, Penghargaan dari Kepala perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara kepada Pemda Halsel sebagai daerah terbaik ke 2 dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2016.

Tak hanya itu kedua pemimpin yang dikenal ramah itu juga mendapatkan penghargaan dari BPJS kesehatan karena mampuh menjamin sehat dan sejahtera masyarakat Halsel melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN- Kartu Indonesia Sehat Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kepada Pemda Halsel atas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) yang mencapai level 2 dengan 2160 pada tahun 2016.

Tak sampai disitu penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI kepada Bupati Halsel atas peran aktifnya dalam proses pembinaan warga binaan kemasyarakatan dan Penghargaan sebagai daerah pengelolaan LPSE terbaik se Provinsi Maluku Utara oleh BPKP perwakilan Maluku Utara, Penghargaan perencanaan pembangunan daerah terbaik tingkat nasional.

Halsel masuk nominator 14 besar nasional dari 378 Kabupaten di Indonesia dan untuk tingkat Provinsi Maluku Utara, Halsel telah 4 kali meraih juara 1 perencanaan pembangunan daerah terbaik dan salah satu penghargaan ditingkat internasional yang diraih BK-IS yaitu penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai the Champion WSIS Prizes 2018 kategori E-Health dalam program Lapor Cepat Kasus (Lacak) Malaria dan berhasil bersaing dengan beberapa negara di dunia seperti Cina dan Argentina.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa Peringatan Hut Halsel ke 15 Kabupaten Halmahera Selatan merupakan momentum yang sangat penting bagi pelaksanaan dua tahun pemerintahan yang saat ini dipimpin oleh dirinya dan Wakil Bupati Iswan Hasjim untuk periode 2016-2021. Sebagi Bupati, Bahrain berharap adanya kerjasama dan sinergitas dari semua komponen daerah ini untuk membantu mewujudkan cita-cita besar rakyat Halmahera Selatan.(Raja)

Tinggalkan Balasan