Beranda Halmahera Barat Bupati Danny Hadiri Pemasangan Bumbungan Sasadu Idamdehe Gamsungi

Bupati Danny Hadiri Pemasangan Bumbungan Sasadu Idamdehe Gamsungi

226
0
BAGIKAN

JAILOLO – Setelah beberapa tahun belum tersentuh, Rumah Adat Sasadu, Desa Idamdehe Gamsungi, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat hari ini mulai terlihat adanya perubahan dengan pemasangan bumbungan rumah adat.

Suka cita warga Idamdehe Gamsungi atas pemasangan bumbungan rumah adat tersebuat terlihat dari prosesi acara makan adat yang berlangsung Senin (2/7/2018) sore di Sasadu.

Prosesi adat

Bupati Halbar Danny Missy yang ikut hadir dalam prosesi menaikkan bumbungan rumah adat mengatakan, renovasi (bumbungan) rumah adat Desa Idamdehe Gamsungi ini merupakan program strategis pemerintah desa yang selaras dengan visi misi pembangunan Pemda Halbar.

“Selaku Pemerintah saya mengapresiasi kerja sama warga Desa Idamdehe Gamsungi atas renovasi secara bertahap Rumah Adat ini,” ucap Bupati disela-sela acara makan adat.

Dihadapan warga, Bupati Danny turut menghimbau agar rumah adat yang ada agar dijaga warisan leluhur tersebut dirawat dengan baik, sehingga generasi muda Idamdehe Gamsungi juga turut menikmati.

Makanan adat khas Jailolo di sajikan usai prosesi adat

Prosesi menaikkan dan meletakkan bumbungan Sasadu, yang terbuat dari daun pohon sagu,  oleh para tetua adat bersama Bupati Danny.

Prosesi sakral ini ikut diliput oleh salah satu stasion Televisi Nasional yaitu Trans 7 dalam program jejak petualangan.

Acara makan adat, ikut dihadir ketua dewan adat Ji’o Talai apadusua, Robinson Misi, ketua adat suku Wayoli, Sonny Balatjai, Kades Idamdehe Gamsungi, William Calvin.

Hadir juga beberapa SKPD Pemda Halbar, diantaranya Kepala Pelaksana BPBD Imran Lolori, Kadis BPMPD Asnat Sowo, Kadis Kominfo Chuzaemah Djauhar, Kepala Dinas Perumahan Yafet Tjanu dan Camat Jailolo Muchlis.(UK)