Beranda Halmahera Utara Bantu Dinas Perikanan dan Kelautan, Ide Kreatif Staf Perikanan Halut Dipuji Berbagai...

Bantu Dinas Perikanan dan Kelautan, Ide Kreatif Staf Perikanan Halut Dipuji Berbagai Pihak

282
0
BAGIKAN

TOBELO – Memanfaatkan kecerdasannya menggunakan teknologi, salah satu staf Dinas Perikanan dan Kelautan membuat banyak orang berdecak kagum soal inovasi yang ditawarkan.

Itulah sosok Efra Efrine Agustin, Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan dinas yang dinahkodai Ir. John Gareja.

Bagi dia, terbesit dalam pikiran, persoalan masalah minimnya data yang dipunyai, Efrine dibantu rekan-rekannya, menggagas pendirian Rumah Data.

Bak gayung bersambut, ide dan inovasi kreatif yang digagas, disambut baik oleh orang nomor satu di Halmahera Utara yakni, Bupti Ir. Frans Manery.

“Kita serius membuat program ini. Pertimbangan mengapa kita melakukan hal ini, dikarenakan masih minimnya data yang kita butuhkan untuk pengembangan masyarakat. Memang benar, harusnya kita di setiap dinas terkait, mampu merampungkan data-data yang akan dibutuhkan oleh pimpinan. Selain jarak jangkau masyarakat dengan kita yang terpisah, kita juga bisa memanfaatkan akses teknologi. Misalnya, kita bisa turun ke lapangan (yang mudah dijangkau), selain itu masyarakat yang terakses dengan internet juga bisa menyampaikan langsung ke kita”, kata Efrine ketika berdiskusi dengan wartawan, Sabtu siang tadi (14/07).

Rumah data yang di gagas, menurut dia, banyak manfaatnya. Selain Pemda bisa dilengkapi dengan data-data, juga tidak ada keluhan dari mitra atau LSM tentang banyak data yang tidak terupdate dengan baik.

Sebab itu, dalam program kerja kedepan, dia dan rekan-rekan yang bertugas membantu, akan membuat website sendiri. “Di sini kita tim kerja. Rencananya, kita akan buat website sendiri. Jadi semua data di dinas Perikanan dan Kelautan bisa di akses melalui website kita”, pungkasnya.

Wanita yang sekarang ini sedang mengikuti Pendidikan Latihan IV atau diklat yang diselenggarakan untuk pejabat atau calon pejabat eselon IV ini berharap, rumah data yang telah di lounching beberapa waktu kemarin bisa membantu Pemerintah Daerah dalam hal mengakses data setiap instansi.

“Bupati sudah setuju, tinggal ditindak-lanjuti saja”, kata dia, seraya mmenambahkan, ada beberapa tahapan program kerja yang telah di susun.

“Semua itu masuk dalam program kerja. Intinya, kita menjamin, kalau rumah data difungsikan, maka semua data yang ada bisa terupdate. Anda kalau memerlukan data-data mengenai perikanan, tinggal menghubungi kami”, jelas dia. (Enol)