Beranda Halmahera Barat Ketua Apdesi Halbar Secara Kelembagaan Minta Digelar Sosialisasi Pilkades

Ketua Apdesi Halbar Secara Kelembagaan Minta Digelar Sosialisasi Pilkades

775
0

JAILOLO – Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Rustam Fabanyo meminta secara kelembagaan  kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Halbar, agar melakukan sosialisasi sebelum pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap II tahun 2018, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, tahapan Pilkades yang diselenggarakan secara serentak sesuai dengan Perda nomor 2 tahun 2017 itu,  masih banyak panitia penyelenggara tingkat Desa belum memahami sehingga perlu dilakukan sosialisasi.

“Juga dapat memberikan ruang komunikasi kepada panitia tingkat desa, sehingga seluruh hal terkait Pilkades dapat di kordinasikan dan di pahami secara tuntas oleh para penyelenggara desa,” ungkapnya.

Dan kepada seluruh panitia tingkat Desa, diharapkan dapat berkoordinasi dan berkonsultasi dengan panitia kabupaten, terkait tahapan yang belum dipahami  dapat dipahami secara baik.

“Sehingga dalam pelaksanaan, para penyelenggara tidak membuat asumsi dan menafsirkan sendiri atas setiap tahapan yang tertuang dalam aturan yang telah ditetapkan,” kata Rustam.

Dia juga berharap dengan adanya semangat bersama, Pilkades serentak tahun 2018 ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin desa yang betul-betul mempunyai loyalitas dan berkempuan yang cukup dalam mengelola penyelenggaraan pemerintahan desa dengan baik,” tutup Rustam. (UK)