Beranda Maluku Utara Abjan: Pengusuran Rumah Warga Di Desa Daruba, Pemda Morotai Masih Cari Solusi

Abjan: Pengusuran Rumah Warga Di Desa Daruba, Pemda Morotai Masih Cari Solusi

143
0
BAGIKAN
Kepala Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Kaban Bappeda) Abjan Sofyan

MOROTAI – Aksi penolakan warga berkaitan dengan rencana penggusuran yang bakal dilakukan oleh Pemda Morotai, ditanggapi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pulau Morotai, Abjan Sofyan.

Rencana pembangunan di desa Daruba Pantai (Darpan), yang masuk dalam Zona II, masih dalam tahapan pembahasan.

”Untuk Zona dua, nanti di tahun 2019, sebab untuk sementara ini kita masih akan siapkan dulu kajian lingkungan baru kemudian masuk dalam tahap perencanaan,” ungkap Abjan, kepada media ini, Kamis (26/7).

Menurutnya, ini menyangkut penggusuran, tidak serta-merta langsung dilakukan tanpa ada koordinasi, pembicaraan serta pembahasan bersama warga sekitar.

”Setiap kebijakan revitalisasi perkotaan, pasti ada hambatan, makanya, resiko dari hambatan inilah yang akan dicarikan solusi untuk kepentingan wajah,” kata Abjan.

Lanjut dia, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat nanti, menjadi prioritas Pemda.

”Pembangunan untuk kepentingan bersama, kita tetap memperhatikan masyarakat. Olehnya itu, pihaknya bersama PUPR dan BLH, bakal mempersiapkan kajian Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Karena Pemda bakal mencari jalan keluar yang terbaik untuk masyarakat, tanpa ada yang dirugikan. Nanti kita kaji dan dicari solusi secara bersama, karena ini menyangkut kepentingan daerah yang lebih besar, terutama percepatan pembangunan,” tambah Abjan.

Sementara, anggota DPRD Mic Bill Abdul Aziz, saat dimintai tanggapan secara terpisah, mengaku belum bisa memberikan komentar lebih jauh.

”Nanti kita lihat, kesepakatan antara warga dan pemerintah, sebab itu ranahnya pemerintah,” singkatnya. (Cal)

Tinggalkan Balasan