Beranda Halmahera Utara Pencanangan Halut 2018 Bebas Campak dan Sarampa di Gelar Dalam Kampanye

Pencanangan Halut 2018 Bebas Campak dan Sarampa di Gelar Dalam Kampanye

121
0
BAGIKAN

TOBELO – Kampanye pencanangan Halmahera Utara 2018 bebas penyakit Campak dan Sarampa, di gelar Rabu pagi tadi (01/08) di lokasi pasar desa Wosia kecamatan Tobelo.

Dalam menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan, Muhamad Tapitapi, AMK mengatakan, dari laporan lembaga kesehatan dunia World Health Organization (WHO) menyebutkan, sebanyak 625 anak, berumur 9 bulan sampai dengan 15 tahun meninggal tiap tahunnya.

Dan sumbangan terbesar dari jumlah tersebut, ada di Indonesia. Sebab itu lanjut kepala dinas, pihak Kementerian Kesehatan RI, memakai alasan itu, guna menjadi rujukan pelaksanaan imunisasi Campak Rubella.

“Tiap kabupaten diajak untuk melakukan imunisasi. Hal itu penting karena dari catatan WHO, anak yang meninggal akibat penyakit ini tiap tahunnya ada 625 orang dan terbanyak dari Indonesia. Dasar pikir itulah, maka kementerian merasa perlu memberantas penyakit tersebut, dengan melakukan pemberian vaksin atau imunisasi”, jelas Muhammad Tapitapi, membeberkan alasan pelaksanaan kegiatan imunisasi Campak Rubella.

Di kabupaten Halmahera Utara sendiri menurut dia (dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan), ada 65 kasus di tahun 2016 dan tahun 2017 naik menjadi 145 kasus. Dirinya menjamin, ketika program ini bisa sukses, maka tahun 2018 kabupaten Halmahera Utara, bisa terbebas dari penyakit yang proses penularannya bisa tertular lewat udara.

Yang sama, Asisten III Pemerintah Daerah Halmahera Utara, Subakri Salim, dalam arahannya membacakan sambutan tertulis sambutan Bupati mengatakan, sudah menjadi kewajiban negara untuk memikirkan kesehatan para generasi penerus.

Sebab itu, imunisasi campak rubella adalah hal yang positif dan harus di dukung secara bersama. “Generasi penerus harus diperhatikan kesehatan sedari awal. Pemerintah dan orang tua harus bergandeng tangan melihat itu. Kesehatan mereka penting sekali, untuk menjadikan mereka sebagai generasi yang sehat dan cerdas”, kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III, Subakri Salim.

Selain dihadiri oleh beberapa pimpinan SKPD, para guru sekecamatan Tobelo dan Tobelo Tengah, kampanye pagi tadi diakhiri dengan pemberian imunisasi secara simbolis kepada salah satu siswa sekolah dasar.

Rubella atau campak Jerman merupakan penyakit menular atau infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah berbentuk bintik-bintik pada kulit. Penularan utama dari penyakit ini dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. (Enol)