Beranda Maluku Utara Dinas PMD Tidore Gelar Raker Tim Pembina dan Satgas Desa

Dinas PMD Tidore Gelar Raker Tim Pembina dan Satgas Desa

1342
0
Raker Tim Pembina dan Satgas Desa

TIDORE KEPULAUAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kota Tidore Kepulauan Menggelar Rapat Kerja Tim Pembina dan Satgas Desa Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018, Kamis (2/8).

Rapat Kerja yang bertempat di Meeting Room Penginapan Seroja Kelurahan Soasio ini mengambil Tema “ Membangun Sinergitas Tim, Kompak dan Berkinerja Untuk Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Transparan dan Akuntabel dan Dihadiri oleh Anggota Tim Pembina Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, Kapolres Tidore AKBP Doly Heriyadi,S.Ik dan Anggota Tim Satuan Tugas Dana Desa (Satgas Desa) Dinas PMD, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat, Kasi Intel Kejaksaan dan Kasat Reskrim Polres Tidore.

Walikota Tidore Ali Ibrahim dalam arahannya menyampaikan penggunaan dana desa  aturannya sudah jelas dan diharapkan penggunaannya sesuai aturan.

Ada beberapa desa yang kinerjanya belum sesuai aturan untuk itu diharapkan adanya sinergisitas dan kekompakan tim dan berkinerja untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

Dana Desa harus dikelola secara professional dan penuh tanggung jawab sesuai  dengan kebutuhan desa tersebut sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari wilayah desa-desa lainnya. Kedepannya  raker ini agar dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dan bertempat di kecamatan oba.

Sementara dikesempatan yang sama ketua penyelenggara panitia Rudy Ipaenin mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membahas permasalahan aktual dalam pengelolaan keuangan desa di desa-desa dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan dan solusi atas permasalahan tersebut.

Menyusun langkah- langkah taktis pelaksanaan pelaksanaan pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan pengelolaan keuangan desa dan menyusun jadwal rencana pelaksanaan sosialisasi MoU dan Pedoman Kerja POLRI dan 2 kementerian serta penyuluhan tentang pencegahan korupsi.

Dalam  Raker ini disampaikan pemaparan laporan tentang paparan hasil monitoring Dinas PMD atas pelaksanaan ADD triwulan I dan II serta DD tahap I dan II Tahun Anggaran 2018 oleh Kepala Dinas PMD, paparan hasil pemeriksaan Inspektorat, atas Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2017 oleh Inspektur Inspektorat, paparan pelaksanaan pembinaan ke Desa dan pelaksanaan transfer ADD dan DD TA/2018 ke RKD,paparan penganan kasus di Polres terkait dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan desa sampai bulan juli 2018 oleh Kasi/ Intelijen dan diskusi umum permasalahan pengelolaan keuangan desa dan solusinya oleh seluruh peserta Rapat Kerja dan diakhiri dengan penyampaian hasil rapat kerja oleh Ketua Satgas Desa. (Hms/SS)