Beranda Hukrim Kapolres Ternate Gelar Rapat Koordinasi Unit Satgas Saber Pungli

Kapolres Ternate Gelar Rapat Koordinasi Unit Satgas Saber Pungli

157
0
BAGIKAN

TERNATE – Kepala Kepolisian Resor Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK bersama Wakapolres Ternate Kompol Jufri Dukomalamo, Kasat Reskrim Polres Ternate AKP. Randhir Prakarana DG.M, S.IK, Kasat Bimas Polres Ternate AKP. Aris, Danpom Ternate Mayor TNI. DAHRY HD, Kejari Ternate Bapak M. Ruslan, Kasi Pidsus Kejari Ternate Thomas SH, MH, Sekretaris Inspektorat Kota Ternate Bapak Burhanuddin Abd Kadir, Kabag Hukum Pemkot Ternate Bapak Muhamad Asyikin SH, MH, Jaksa Fungsional Bapak Danur SH, MH, Bapak Bayu Aji SH, Bapak Dipo Sambiring SH melaksanakan Rapat Koordinasi Satgas Pungli bertempat di Ruang TMCC Polres Ternate, kelurahan Takoma, kecamatan Ternate Tengah. Kamis,(2/8/18).

Pada rapat itu, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK selaku wakil penanggung jawab I dalam Unit Satgas Saber Pungli Kota Ternate menyampaikan kegiatan rapat dan pertemuan ini dilaksanakan sebagai sarana silaturahmi dan koordinasi unit Satgas Saber Pungli. Rapat koordinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka mengoptimalisasi operasional Unit Satgas Saber Pungli Kota Ternate yang terbentuk sejak Januari 2017.

Kapolres menambahkan, Unit Satgas Saber Pungli Kota Ternate harus memiliki posko yang didukung oleh sarana dan prasarana serta dukungan operasional kegiatan Unit Satgas. Kepada Ketua Pelaksana agar membuat Anev setiap kegiatan Unit Satgas Saber pungli sejak Unit Satgas ini dibentuk sampai dengan sekarang.

Dikesempatan itu pula, Kapolres menekankan, bahwa prinsip dasar dari Unit Satgas Saber Pungli ini adalah untuk memperbaiki moral, sehingga berapapun Pungli yang terjadi maka harus ditindak dan tentunya mekanisme penindakannya juga sudah ada aturannya. Dengan harapan, jika sudah diberikan penindakan maka pelaku Pungli akan merasa malu dan mau berubah.

“Aspek pencegahan diutamakan, sehingga perlu diperbanyak kegiatan sosialisasi dan tentunya memerlukan biaya operasional yang harus alokasikan oleh Pemkot Ternate,” jelas Kapolres.

Untuk itu, lanjut Kapolres, agar pihak Sekretariat Inspektorat Kota Ternate segera mengusulkan rencana kebutuhan anggaran Opsnal Unit Satgas Saber Pungli kota Ternate. “Setelah Rapat Koordinasi ini, maka Unit Satgas Saber pungli agar kiranya bergerak cepat untuk segera melaksanakan kegiatannya masing-masing. rencana kegiatan agar disusun dengan baik, kemudian di laksanakan, dilaporkan dan dibuatkan Anevnya,” kata Kapolres.

Sementara itu, Sekretariat Inspektorat Kota Ternate, mengatakan terkait dengan anggaran Tim Saber Pungli mengalami kendala anggarana di tahun 2017, dimana anggaran pada tahun itu paling sedikit di bandingkan dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Maluku Utara.

Tujuan anggaran yaitu untuk mendukung Kegiatan operasional di lapangan baik Pencegahan, Sosialisasi dan Penindakan. Dan dalam pertemuan ini, diharapkan kita dapat mampu memecahkan dan menghilangkan Pungli di Kota Ternate. (SS)