Beranda Halmahera Utara IPLT Tobelo Siap Difungsikan

IPLT Tobelo Siap Difungsikan

122
0
BAGIKAN
Peninjauan IPLT oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Halmahera Utara Samud Taha dan Satker Provinsi

TOBELO –  Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT), pembangunannya sudah mencapai 100 persen. Lokasi IPLT yang bertempat di jalan belakang desa Gosoma, di tinjau langsung oleh Kepala Bada Lingkungan Hidup, Samud Taha, Kamis (02/08) pagi kemarin.

Mendampingi Satuan Kerja (Satker) provinsi, Samud Taha kepada para awak pencari berita mengatakan, anggaran pembangunan IPLT bersumber dari APBN, dibawah kordinasi Satker provinsi.

Sebab itu, dia berharap agar fasilitas masyarakat ini, bisa dipergunakan sebaik mungkin. Tambah dia, sementara ini pihaknya tengah berkonsultasi untuk pembuatan regulasi penunjang yakni Peraturan Daerah (Perda), tentang pengelolaan IPLT.

“Bersama pihak berkompoten, saya lagi berkordinasi tentang Perda”, kata Samud Taha. Hal ini kita sudah pikirkan dari awal, lanjut Samud, bagaimana sistem pengelolaan, mulai dari iuran untuk penunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain IPLT yang sudah selesai dan akan dioperasikan, di lokasi 4 hektar ini juga, tengah di bangun TPA, yang sudah hampir rampung penyelesaiannya. “Lokasi tersebut seluas 4 hektar. Selain IPLT ada juga TPA. Pembangunannya sudah hampir rampung. Sumber anggarannya sama yakni APBN”, ucap dia. (Enol)