Beranda Halmahera Selatan Tiga Mesin Mogok, PM Teluk Pelita 05 Digulung Ombak

Tiga Mesin Mogok, PM Teluk Pelita 05 Digulung Ombak

731
0
Perahu Motor terseret ombak

LABUHA – Mogoknya tiga mesin saat keluar dari pelabuhan Habibie, Perahu Motor (PM) Teluk Pelita 05, Senin (6/8/2018) siang tadi tenggelam di depan areal pelabuhan Habibie, tepatnya di dekat pantai kompleks Tanah Abang desa Labuha Kecamatan Bacan Halmahera Selatan (Halsel).

Perahu motor berkapasitas 6 ton itu dihantam ombak hingga terseret ke tepi pantai areal Tanah Abang Labuha.

Tanyong, salah satu penumpang menjelaskan, PM Teluk Pelita 05 dengan tujuan desa Pelita mengalami kemacetan saat bertolak dari pelabuhan Habibie menuju desa Pelita.

Perahu motor tersebut baru saja bertolak dari pelabuhan Habibie sekitar kurang lebih 500 meter, tiba tiba mesin mati dan perahu motor mogok sehingga  dihantam ombak lalu terseret dan tenggelam di tepi pantai areal Tanah Abang.

“Saat mogok, ombak hantam dan air masuk ke dalam body (perahu motor) melalui bagian belakang hingga body tenggelam,” jelasnya.

PM Teluk Pelita 05 itu memuat penumpang kurang lebih 30 orang, 15 orang diantaranya perempuan dan dua anak di bawah umur.

“Alhamdulillah semuanya selamat, tak ada yang korban,”ujarnya. Selain penumpang, perahu motor itu juga memuat bahan bangunan seperti semen sebanyak 50 sak, seng sebanyak 100 lembar ditambah sembilan bahan pokok lainnya.

Dalam musibah itu, seluruh penumpang selamat karena menyelamatkan diri terjun ke air yang airnya dangkal dan sudah dekat dengan areal pemukiman kompleks Tanah Abang Desa Labuha.

“Semua penumpang selamat, mereka sempat dibantu oleh sejumlah warga kompleks Tanah Abang mengevakuasi para penumpang terutama yang perempuan dan anak anak “ujar Tayong.

Hingga saat ini,  PM Teluk Pelita 05 yang di nahkodai Ratif masih berada di dekat pantai Tanah Abang.(Raja)