Beranda Maluku Utara SMKN 1 Tidore Hadirkan 22 Perusahaan Bicarakan Job Matching 2018

SMKN 1 Tidore Hadirkan 22 Perusahaan Bicarakan Job Matching 2018

112
0
BAGIKAN
Sosialisasi Job Matching 2018

TIDORE KEPULAUAN – Untuk menciptakan tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar lebih cepat dalam mendapatkan pekerjaan, SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan pada Rabu (08/08) pagi menggelar sosialisasi Job Matching 2018 dengan menghadirkan 22 perusahan (Dudi) sekota Ternate dan Tidore dari berbagai jenis usaha kerja.

Selain 22 Dudi, kegiatan yang dilangsungkan di ruang laboraturium komputer SMK Negeri 1 Tidore itu, menghadirkan pula kepala sekolah SMK se-kota Tidore.

Penanggung jawab kegiatan Job Matching 2018 Abdul Harun, SE kepada gamalamanews.com mengatakan bahwa, Job Matching yang merupakan bursa kerja untuk tamatan SMK se-Provinsi Maluku Utara itu, memiliki tujuan membantu pihak perusahan memasarkan tamatan SMK.

“Jadi kami pihak sekolah mendapatkan tugas ini untuk membantu pihak perusahan dalam memasarkan tamatan SMK,” tuturnya.

Dikatakannya pula, job matching difasilitasi oleh top karir sebagai portal atau aplikasi yang disediakan khusus untuk para pencari kerja, agar mereka dapat mengakses lowongan kerja yang telah disediakan oleh perusahan.

“Jadi kami pihak sekolah hanya memfasilitasi antara top karir dengan pencari kerja ini,” jelas Abdul.

Untuk kegiatan sosialisasi job matching yang dilakukan tersebut lebih pada tingkat koordinasi dari pihak sekolah kepada para dudi yang telah dilakukan pendataan, termasuk mencari tahu jumlah lowongan yang ditawarkan oleh perusahan.

“Hari ini yang kami rapat adalah melakukan koordinasi pihak dudi yang sudah kami lakukan negosiasi. Dimana pada satu minggu lalu guru-guru telah turun mendatangi pihak dudi mencari lowongan kerja di perusahan. Lalu kami undang mereka disini hari ini untuk mengkonfirmasikan terkait lowongan yang mereka sampaikan itu,” tutur Abdul.

Lanjutnya, setelah dilakukan koordinasi dengan pihak dunia usaha tersebut, di akhir bulan Agustus ini akan dilakukan launching (peluncuran). Disitu, kata Abdul, para pencari kerja mendaftar lowongan yang ada secara online ke top karir.

“Para pelamar mencari informasi melalu top karir. Kemudian pada saat launching, pihak perusahan yang sudah kami input ke top karir tadi, mereka akan datang melalui perwakilannya untuk berhadapan langsung dengan pelamar. Dan melihat langsung kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh perusahan termasuk berkas-berkas sekaligus melakukan wawancara dengan pelamar,” jelasnya.

Sehingga, tambah Abdul, pada saat launching pihak perusahan sudah bisa memastikan bahwa pelamar ini sudah bisa diterima atau tidak. “Jadi proses awal pelamar daftar online, tahap kedua perusahan mengecek langsung data fisiknya termasuk mewawancarai pelamar kerja karena pihak perusahan datang langsung,” bebernya.

Untuk waktu pendaftaran lowongan kerja, dilakukan pada tanggal 21 sampai dengan 30 Agustus 2018 di SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan. Dan diperkirakan tersedia 100 lowongan kerja untuk lulusan (SMK, D3 dan S1).

Sementara itu pihak Dudi yang diundang menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Seperti halnya disampaikan oleh perwakilan dari PT Sejahtera Abadi Trada yang diwakili langsung oleh Ibu Rista selaku Human Resources Departement (HRD). Dirinya mengatakan, bakal melihat hasil dari kegiatan tersebut seperti apa. Sebab pihaknya juga sedang membuka lowongan kerja untuk tamatan SMK/SMA.

“Belum lihat juga hasilnya kaya apa. Pastinya kegiatan ini bagus karena kantor kami ada buka juga lowongan kerja terutama pada bidang sales,” singkat Rista. (SS)

Tinggalkan Balasan