Beranda Hukrim Cegah Tawuran Antar Pelajar, Polres Ternate Lakukan Rapat Koordinasi dengan Pihak Terkait

Cegah Tawuran Antar Pelajar, Polres Ternate Lakukan Rapat Koordinasi dengan Pihak Terkait

72
0
BAGIKAN

TERNATE – Kepolisian Resor (Polres) kota Ternate menggelar rapat koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Malut dan Kepala Sekolah SMA/Sederajat di Kota Ternate, Sabtu (11/08), bertempat di ruang TMCC Polres Ternate.

Rapat koordinasi yang dilakukan itu dalam rangka menindaklanjuti peristiwa perkelahian antara pelajar SMKN 2 dengan SMAN 1 Kota Ternate yang terjadi pada hari Jum’at tanggal 3 Agustus 2018 di jalan Taman Siswa.

Rapat dipimpin langsung oleh Kapolres Ternate dan didampingi Kasatbinmas Polres Ternate. Sementara dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Malut dihadiri Kabid Dikjar Bapak Zainudin, M.Si., beserta perwakilan dari Dinas Cabang Ibu Kartini Hi. Achmad, dan dari pihak sekolah diwakili 16 kepala sekolah SMA/Sederajat di kota Ternate .

Kapolres Ternate, dalam rilisnya menyampaikan bahwa, tujuan dari rapat koordinasi itu adalah untuk melihat sejauh mana langkah-langkah yang sudah diambil oleh pihak terkait dalam menyikapi kejadian perkelahian antar siswa SMKN 2 dengan siswa SMAN 1 sekaligus menemukan solusi dan langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kapolres mengatakan, dalam rapat koordinasi tersebut para kepala sekolah yang hadir berkomitmen untuk bersama-sama mencegah tawuran/perkelahian antar pelajar dengan melakukan pengawasan yang ketat terhadap anak didik masing-masing dan melakukan tindakan yang tegas bagi siswa yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Adapun hasil rapat koordinasi, menghasilkan kesepakatan sebagai berikut:
1. Pihak sekolah menyetujui permintaan Polres Ternate untuk menjadi pembina upacara setiap hari Senin di setiap sekolah SMA/Sederajat.

2. Plihak Polres, Kepala Sekolah dan Kabid Dikjar Disdik Provinsi Malut sepakat untuk melakukan pengawasan yang ketat terhadap siswa SMA melalui kegiatan patroli dan razia anak sekolah pada saat jam pelajaran.

3. Pihak Kepala Sekolah sepakat untuk menjadwalkan Kapolres Ternate memberikan penyuluhan dengan materi Revolusi Mental Pembangunan Karakter bagi siswa SMA.

4. Polres Ternate, Kabid Dikjar dan Kepala Sekolah sepakat untuk membuat WA Grup sehingga mempermudah kordinasi serta pemberian informasi terkait hal-hal menonjol yang terjadi di sekolah sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas.

Diakhir rilis, Kapolres berharap agar semua pihak dapat bahu membahu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Ternate. (SS)

Tinggalkan Balasan