Beranda Maluku Utara Wakil Wali Kota Ternate Terima ‘Siswa Mengenal Nusantara’ asal Provinsi Jambi

Wakil Wali Kota Ternate Terima ‘Siswa Mengenal Nusantara’ asal Provinsi Jambi

507
0
BAGIKAN

TERNATE – Sebanyak dua puluh tiga (23) siswa siswa mengenal nusantara di terima Wakil Wali Kota Ternate, H Abdullah Tahir di Aula Kantor Wali Kota Ternate Senin (13/08).

Para siswa ini nantinya akan dikenalkan pada potensi seni budaya di kota Ternate, selama satu minggu.

Wakil Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan, “Ternate merupakan salah satu daerah kerajaan, ada empat kerajaan di Maluku Utara yang dikenal dengan Maluku Kie Raha, kalau biasanya adik-adik hanya bisa menyaksikan lewat media, sekarang bisa menyaksikan langsung, saya mewakili pemerintah Kota Ternate mengucapkan selamat datang, saya berharap, kegiatan berjalan lancar”, ujar Abdullah.

Didampingi oleh tiga pedamping, para siswa akan tinggal di rumah orang tua asuh selama berada di Ternate.

Ahmad S Kamis, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Malut, saat di wawancara mengatakan, “Selama di Ternate siswa nusantara mereka akan di ajarkan disiplin, kecintaan terhadap bangsa dan negara atau wawasan nusantaranya, atau ketahanan nasionalnya, oleh TNI AD dan TNI AL”.

Lanjutnya, “Kemudian mereka akan berkunjung ke mitra BUMN dalam rangka usaha interpreuner ship, berkunjung ke SMA dan SMK untuk mengenal SMA 4 dan Putra Bahari, berkunjung ke perguruan tinggi, paling pokok adalah kita akan mengenalkan mereka potensi seni budaya kita, potensi budaya lokal kita, apakah itu hasil karya kita, benteng, keraton kesultanan, wisata alam, wisata sejarah, wisata relijius, itu akan kita kenalkan kepada mereka sehingga mereka akan punya rasa kecintaan terhadap situasi lokal ini untuk menanamkan kecintaan terhadap bangsa dan negara”, jelasnya.

Kelurahan Sulamadaha akan menjadi tempat tinggal para Siswa Nusantara ini, “Nanti kelurahan Sulamadaha sebagai lokasi Home stay, di kelurahan Dufa-Dufa tempat wisata relijius, ke mesjid Dufa-Dufa, makanan adat dan makanan khas akan kita sajikan, kemudian tarian dan musik daerah, semua benteng akan menjadi lokasi yang akan mereka di kunjungi, selama seminggu Siswa Nusantara dari Provinsi Jambi ini bisa sukses sesuai target dari Kementerian BUMN kepada Pemerintah Provinsi Malut melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Pelindo Cabang Ternate”, tandas Ahmad.

Agenda Siswa Nusantara Provinsi Jambi ini akan di penuhi kegiatan mengenal potensi lokal untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. (Red)