Beranda Halmahera Selatan Warga Kampung Makeang Gelar Togal Sepanjang 1 KM

Warga Kampung Makeang Gelar Togal Sepanjang 1 KM

2240
0

LABUHA – Turut memeriahkan HUT RI ke 73 Masyarakat Desa Kampung Makeang Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar tarian adat Makeang yakni Togal sepanjang 1 Km.

Tarian togal yang dipusatkan di lingkungan Desa Kampung Makeang itu diikuti hampir seluruh warga terutama para Ibu dan bapak-bapak.

Tidak ketinggalan remaja dan mahasiswa Kubermas dari Universitas Khairun Ternate juga ikut ambil bagian dalam kesempatan itu.

Ketua Pemuda Desa Kampung Makeang Safril Talib menuturkan, kegiatan tarian Togal yang digelar hari ini baru pertama kali dilakukan di desanya. Bahkan mungkin juga di Kabupaten Halmahera Selatan dan Maluku Utara.

“Kegiatan ini murni atas inisitif pemuda desa Makeang bekerja sama dengan pemerintah desa untuk memeriahkan HUT RI ke 73 tahun. Kami atas nama pemuda juga beterimakasi kepada seluruh masyarakat yang ikut mendukung dan meramaikan kegiatan ini”, tutur Safri saat ditemui disela-sela acara tarian Togal.

Sambung Safri, dengan adanya kegiatan tarian Togal sepanjang 1 Km ini dapat dijadikan ajang silaturahmi sesama warga dan sekaligus mempertahkan nilai-nilai budaya dan tradisi yang terus dipelihara dan dikembangkan.

Kegiatan ini lanjut Safri, akan menjadi kegiatan tahunan bagi pemuda desa kampung Makeang sepanjang peringatan HUT RI. Kenapa, karena memang semangat dari kegiatan ini adalah semangat persatuan dan kesatuan bagi sesama warga dan anak bangsa.

“Kami berharap dengan kegiatan ini kami pemuda desa kampung makian semakin solid dan terus maju dengan ide-ide kreatif untuk mengangkat nama baik desa yang kami cintai ini”, pungkas Safri.

Tarian Togal, adalah salah satu tarian tradisional masyarakat Maluku Utara,  tarian ini biasanya dibawakan berpasang-pasangan dan kerap ditampilkan pada acara adat. (Raja)