Beranda Maluku Utara 449 Jamah Haji kloter 7 tiba di Ternate, Disambut Isak Tangis Keluarga

449 Jamah Haji kloter 7 tiba di Ternate, Disambut Isak Tangis Keluarga

748
0
Jemaah haji yang tiba di Ternate di sambut sanak keluarga

TERNATE – 449 Jamaah Haji Maluku Utara senin 03/09/18 tadi tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, 449 jamaah haji yang tiba berasal dari kelompok terbang (kloter) 7.

Jamaah haji yang tiba dibandara Sultan Babullah Ternate langsung dibawa ke asrama haji di kelurahan Ngade kecamatan Ternate Selatan.

Jamaah Haji yang dijemput para keluarga pun langsung disambit isak tangis, para jamaah haji dan keluarga merasa bahagia bisa bertemu kembali dengan keluarga mereka dalam kondisi selamat dan sehat.

Keluarga jemaah haji asal Malut, tak kuasa menahan tangis saat bus yang membawa jemaah haji kloter 7 ini tiba di Gedung Asrama Haji Kota Ternate.

Ratusan penjemput dan keluarga jemaah haji ini rupanya sudah berkumpul sejak pagi, guna menyambut kedatangan 449 para jemaah haji yang pulang dari tanah suci.

Ketika jemaah haji turun dari bus, keluarga jemaah langsung menyerbu. Akibatnya aksi saling dorong tak terelakkan karena mereka memaksa ingin masuk ke dalam gedung untuk bertemu dengan keluarganya.

Pelaksana harian (Plh) Kakanwil Kemenag Provinsi Malut, Ibrahim Muhammad mengatakan jamaah haji asal Maluku Utara yang tergabung dalam kloter 7 sebanyak 450 orang namun satu orang meninggal dunia, yakni asal Kota Tidore Kepulauan atas nama Haji Kamal. Jenazah pun langsung dikebumikan di Kota Mekah.

“Dari 449 orang ini, terdiri dari flight atau penerbangan pertama asal Kota Tikep dan Kabupaten Halmahera Timur, kemudian flight kedua sepenuhnya asal Kota Ternate dilanjutkan flight ketiga juga dari Kota Ternate,” kata Ibrahim Muhammad.

Lanjut Ibrahim, untuk jamaah haji yang menggunakan kursi roda pada flight pertama hanya 1 orang disusul pada flight kedua sebanyak 3 orang serta flight ketiga sebanyak 5 orang dengan jumlah total 9 orang di kloter 7.

“Untuk kesehatan jamaah haji sendiri pada pemulangan kloter 7 alhamdulillah dengan kondisi baik yakni sebagian yang lain bisa diantispasi kesehatanya oleh panitia,” katanya Ibrahim.

“Untuk Selasa (besok) adalah kloter 8 yang berasal dari Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Sula, Halmahera Utara dan Morotai serta kloter tambahan berjumlah 450 orang,” tambahnya.

Dari 449 jamaah haji yang tiba tadi pagi, untuk jamaah haji yang berasal dari Halmaerah Timur masih menginap di Asrama Haji, sementara Ternate dan Tidore sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. (HI)