Beranda Maluku Utara Kesultanan Ternate beri Gelar Kapita Ngofangare kepada Imam Nahrawi

Kesultanan Ternate beri Gelar Kapita Ngofangare kepada Imam Nahrawi

279
0
BAGIKAN
Menpora Imam Nahrawi diberikan gelar Kapita Ngofangare oleh Kesultanan Ternate

TERNATE – Kesultanan Ternate dan seluruh perangkat adat Kesultanan, Minggu (9/9/2018) tepatnya Pendopo Kesultanan Ternate, telah menobatkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi sebagai Kapita Ngofangare atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Panglima Anak Muda.

Pemberian gelar kepada Menpora ini turut di hadiri oleh Gubernur Maluku Utara, unsur Forkompimda Malut, Wali Kota Ternate, Forkompimda Kota Ternate, sejumlah perangkat adat Kesultanan Ternate, pejabat di lingkup Kemenpora, para pajabat di lingkup Pemprov Malut maupun Kota Ternate, serta masyarakat Kota Ternate.

Jo Ngofa Firman yang mewakili keluarga Sultan Ternate mengatakan, pemberian gelar untuk Menpora Imam Nahrawi berdasarkan berbagai pertimbangan salah satunya, Imam Nahrawi dianggap cakap dan mampu mengangkat prestasi olahraga dalam gelaran Asian Games beberapa waktu lalu di Jakarta dan Palembang.

“Selain itu, gelar Panglima Anak Muda atau Kapita Ngofangare sudah sesuai dengan posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga,” kata Firman.

Firman yang juga salah satu anak kandung Almarhum Sri Sultan Ternate, Mudaffar Syah itu mengaku sempat berbincang dan menyampaikan harapan kepada Menpora agar pemberian gelar ini menjadi amanah bagi Menteri dimanapun berada. “Mudah-mudahan tali silaturrahmi ini tetap terjaga,” lanjutnya.

“Harapan saya bapak Menteri dapat memegang amanah ini dan tetap menjaga tali silaturahmi dengan Kesultanan Ternate sekaligus membantu Kesultanan dalam menjaga dan melestarikan adat se atorang,” ucapnya. (HH)