Beranda Maluku Utara Ruslan Bian Resmi Pimpin POSSI Kota Ternate

Ruslan Bian Resmi Pimpin POSSI Kota Ternate

165
0
BAGIKAN
Ruslan Bian, pimpin POSSI Ternate

TERNATE – Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) cabang kota Ternate secara resmi dilantik oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman selaku Ketua Komite Olahrag Nasional Indonesia (KONI) kota Ternate di hotel Royal Resto, Senin (19/9) malam.

Wali Kota Burhan Abdurahman dalam sambutannya mengatakan secara formal pengurus Possi kota Ternate belum terbentuk tetapi sesungguhnya kegiatan-kegiatan Possi itu sendiri telah oleh para anggota-anggota Possi yang siap untuk menyelam.

“Dalam suasana pelantikan saya lihat semua anggota Possi kota Ternate mantap-mantap dan siap untuk menyelam,” kata Burhan.

Burhan menjelaskan, Pemkot Ternate dan KONI kota Ternate sudah punya program kedepan bahwa kita menyadari saat ini fasilitas sebagai sarana pendukung olahraga di kota Ternate sangat terbatas terutama pada sebagian besar cabang olahraga.

“Oleh karena itu, Pemkot Ternate saat ini sedang menyelesaikan pembangunan gedung sport hall yang dibangun di kelurahan Ubo-Ubo, yang rencananya selesai di bulan Februari 2019 akan selesai maka di kota Ternate tidak ada bulan tanpa event olahraga, kita akan isi setahun penuh dengan event-event olahraga dari semua cabang olahraga sehingga generasi muda kedepan akan sibuk dengan kegiatan latihan-latihan dari setiap cabang olahraga”, jelasnya.

“Di Januari misalnya dilakukan event tinju, Februari, pencak silat, Maret bola voli, April tenis meja, Mei bulutangkis dan seterusnya,” ujar Burhan.

Wali Kota dua periode itu, mengatakan kenapa olahraga ini sangat penting karena kita ingin alet-atlet yang berprestasi yang ada di daerah ini yang selama ini dengan fasilitas yang terbatas sudah bisa memberikan sumbangsi bagi daerah dan bangsa Indonesia.

“Saya sangat yakin di Ternate Malut memiliki potensi atlet yang berbakat yang cuku banyak hanya saja kita masih terbatas dalam pembinaan karena itu kepada depan pemkot Ternate pewat KONI Ternate akan memberikan perhatian cukup besar kepada cabang-cabang olahraga yang ada di daerah ini supaya bisa berkembang, Possi adalah salah satu cabang olahraga yang sesuai dengan kondisi geografis di daerah kita yang ada ini”, jelasnya.

Lebih jauh Ia mengatakan, “Saya berterima kasih kepada ketua Possi Cabang kota Ternate sidah menyampaikan bahwa Possi tidak sekedar untuk terbatas pada kegiatan yang bersifat olahraga, tapi juga membantu program pemkot Ternate dalam kegiatan kebersihan di laut, langkah ini sangat positif karena sampah di laut ini menjadi masalah besar bagi Pemkot Ternate, kita bangga dengan laut kita yang bersih tetapi pada saat tertentu justru laut kita dikotori sampah-sampah yang keluar dari aliran sungai, untuk itu masalah sampah menjadi tanggung jawab kita semua, saya sangat yakin kalau kita bersinergi, punya kerjasama yang baik maka persoalan ini kita bisa atasi dalam waktu yang tidak terlalu lama”, ungkap Burhan.

Sementara itu, Ketua Possi cabang Kota Ternate Ruslan Bian mengucapkan syukur Alhamdulillah pengurus Possi kota Ternate bisa dilantik, hal pertama disampaikan kepada pemerintah kota Ternate atas nama ketua Possi kota Ternate, perlu menyampaikan bahwa setelah kegiatan pelantilkan ini akan dilanjutkan dengan rapat musyawarah seluruh bidang yang ada di pengurus Possi kota Ternate untuk melahirkan program kerja Possi selama satu tahun dan selama tiga tahun kedepan.

“Saya sudah memberikan beberapa sentilan-sentilan untuk dapat disusun ke dalam program Possi kedepan untuk nanti bagaimana dirumuskan oleh para koordinator bidang dan anggotanya agar menjadi program satu tahun dan tiga tahun kedepan pengurus Possi kota Ternate,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, “Secara garis besarnya adalah ada bidang yang menangani terkait dengan bagaiman kita menjaga konservasi laut, ada bidang yang bagaimana meningkatkan prestasi atlet kita khususnya atlet orientasi bawa air kita akan laksanakan di tahun-tahun akan datang. Dan ada bidang lain juga menangani terkait dengan bagaimana melakukan pendekatan-pendekatan dengan masyarakat pesisir di kota Ternate agar mau sadar, mau tahu dan bisa memanfaatkan pesisir secara maksimal dapat menjangkau kelestarian sumber daya pesisir secara maksimal, agar laut kita tetap terjaga sehingga habitat kita masih hidup dengan baik di lingkungan wilayah kota Ternate”.

Ruslan juga mengatakan, “Disamping tugas saya sebagai Kepala DKP kota Ternate dan juga sebagai ketua Possi kota Ternate punya tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, tugas dan tanggung jawab yang cukup berat ini tentunya tidak bisa saya pikul sendiri tapi melalui pengurus-pengurus yang saya bisa harapkan untuk bisa bekerja keras demi membangun kota Ternate baik di sektor lingkungan, prestasi maupun sektor wisata laut kedepan lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Ruslan menambahkan, “Program utamanya adalah pihaknya berupaya untuk menetapkan spot-spot diving yang ada di kota Ternate dengan berbagai khasanah dari spot-spot diving kemudian jual melalui media online, dengan dunia sekarang begini, lebih mudah untuk kita mempromosikan. Maka dengan kita menetapkan spot diving, kita menetapkan seluruh jangkauan alternatif untuk melakukan diving yang mudah dan murah untuk bisa dijangkau, karena di dalam kota Ternate saja spot diving apalagi kita keluar sampai 5-6 kilometer ke Jikomalamo, kemudian ke Florida, kemudian dekat Maitara merupakan spot diving yang sangat potensial untuk bisa kita jual, tetapi sebelumnya kita lakukan pemetaan dan penandaan spot-spot diving.

“Kalau memang kita bekerja keras sampai peraturan daerah jauh lebih efektif agar spot-spot diving itu dapat jaga melalui aturan hukum, untuk memenuhi itu harus membituhkan kerja keras pengurus Possi kota Ternate,” tutup Ruslan. (HT)