Beranda Halmahera Tengah TNI AL Gagalkan Penyelundupan Miras di Pulau Gebe

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Miras di Pulau Gebe

135
0
BAGIKAN
Miras yang berhasil diamankan. Foto : Dok TNI AL Ternate

TERNATE – Pos TNI AL Pulau Gebe, Lanal Ternate berhasil menggagalkan penyelundupan miras jenis cap tikus yang di bawa melalui Kapal Penumpang KMP. Kie Raha 3 dari Bitung Sulawesi Utara tujuan Pulau Gebe hari Kamis tanggal 13 September 2018.

Penangkapan tersebut berawal dari informasi yang diterima oleh Komandan Pos TNI AL Gebe Letnan Dua Laut (PM) Heru Wicaksono melalui pesan singkat (SMS) pada jam 09.00 WIT.

Dari informasi tersebut Danpos-AL memerintahkan anggota Pos-AL untuk stand by menunggu kedatangan Kapal Penumpang KMP Kie Raha 3 yang rencana akan tiba di Gebe pada jam 21:00 WIT.

Tepat jam 21:00 WIT KMP Kie Raha 3 sandar di dermaga pelabuhan Gebe, dan tanpa membuang waktu anggota Pos TNI AL Gebe Serma T. Malik yang sudah menunggu dari pagi langsung naik ke kapal dan melaksanakan pemeriksaan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Nahkoda Kapal.

Seluruh ruangan kapal diperiksa dan di geledah secara teliti dan cermat oleh anggota Pos-AL tersebut.

Dari pemeriksaan dan penggeledahan tersebut pada jam 22:00 WIT ditemukan Miras jenis Cap Tikus sejumlah 150 botol yang dikemas dalam botol air mineral 600 ml, namun tidak di ketahui pemilik barang haram tersebut dan informasi yang didapat dari Nahkoda KMP Kie Raha 3 bahwa Nahkoda dan ABK tidak mengetahui siapa pemilik barang tersebut, selanjutnya barang haram itu disita dan di bawa ke POS TNI AL Gebe untuk diproses hukum selanjutnya.

Komandan Lanal Ternate Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E.,M.H. menyampaikan bahwa keberhasilan anak buahnya di lapangan bukan merupakan produk instan akan tetapi merupakan sinergitas antara aparat dengan masyarakat sehingga dapat menyampaikan dan melaporkan adanya pelanggaran seperti halnya Miras tersebut.

Komandan Lanal Ternate memberikan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan POS TNI AL (Posal) Pulau Gebe dalam mengungkap kegiatan illegal tersebut, selanjutnya Danlanal berpesan kepada seluruh Pos-pos TNI AL yang berada di bawah jajaran Lanal Ternate untuk tetap mengedepankan tugas yang dipercayakan oleh pimpinan, dengan selalu bekerja dan bertindak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Lebih lanjut Komandan Lanal Ternate Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto SE, M.H. menyampaikan akan memproses pengungkapan miras tersebut sampai dengan selesai sesuai prosedur hukum yang berlaku agar di kemudian hari dapat mengurangi tingkat kegiatan yang bersifat illegal. (AL/PM)