Beranda Kesehatan November Mendatang, Tiga Puskesmas dapat Akreditasi dari Kemenkes

November Mendatang, Tiga Puskesmas dapat Akreditasi dari Kemenkes

189
0
BAGIKAN

MOROTAI – Sebanyak tiga Puskesmas yang tersebar di tiga kecamatan Pulau Morotai, akan memdapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Pusat, pada bulan November atau Desember 2018 nanti.

Ke tiga puskesmas yang akan diakreditasi itu, yakni puskesmas Daruba kecamatan Morsel, puskesmas Wayabula kecamatan Morselbar dan puskesmas Sangowo kecamatan Morti.

”Jadi ke tiga puskesmas ini tim dari Kemenkes Pusat akan turun langsung melakukan penilaian, dari hasil penilai itulah baru mereka memberikan akreditasi terhadap tiga puskesmas,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (DKKB) Pulau Morotai, Victor Palimbong, kepada media ini melalui via telepon seluler, Minggu (16/9).

Menurutnya, akreditasi yang akan didapatkan oleh Puskesmas Daruba ini karena berkat kepemimpinan Kapus (kepala puskesmas) Daruba yang baru yaitu dr. Adil Makmur, yang begitu komitmen dan kekompakan para stafnya, hingga sistem pelayanan juga sangat optimal.

Sehingga tadinya puskesmas Daruba tidak layak di akreditasi, menjadi di akreditasi. Begitu juga puskesmas Wayabula dan puskesmas Sangowo,” ucapnya.

Lanjut dia, “Sebelumnya tim pendamping dari Dinas, yaitu Ibu Nurhani Syarbin, Pak Abdi, dr. Adil Makmur, dan dirinya sudah membuat pertemuan terhadap para Kapus yang ada. Dan di dalam pertemuan itu saya sedikit memberikan penjabaran teknik tentang akreditasi,” katanya.

Sementara, Kapus Daruba, dr. Adil Makmur menyatakan bahwa, “Ada empat poin penting yang membuat kami mendapatkan akreditasi dari Kemenkes Pusat, yakni yang pertama komitmen teman-teman yang luar biasa dalam menyongsong akreditasi, dimana mereka rela bekerja lembur hampir setiap hari dalam penyiapan dokumen pendukung, Kedua adalah kekompakan yang semakin terlihat, baik dalam hal pekerjaan ataupun diluar kegiatan kedinasa. Ketiga dengan adanya dukungan penuh dari Kepala Dinas Kesehatan yang telah menginstruksikan jajarannya untuk membantu puskesmas dalam hal cakupan program, dan yang ke empat tentunya dari segi fasilitas kesehatan dan pembaharuan sistem manajemen puskesmas yang lebih baik, dan kami yakin mampu menyambut akreditasi dengan hasil yang maksimal paripurna”, jelasnya.

Masih kata dia, “Dengan adanya hal tersebut, sehingga puskesmas Daruba sampai saat ini kerjanya lembur sampai larut malam, untuk mempersiapkan akreditasi yang akan dilaksanakan pada bulan November atau Desember mendatang,” pungkasnya.(Ical)