Beranda Maluku Utara Ingat! Deretan Pertanyaan ini Sering Ditanyakan Pelamar CPNS 2018

Ingat! Deretan Pertanyaan ini Sering Ditanyakan Pelamar CPNS 2018

317
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – Tanggal 26 September merupakan jadwal dibukanya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 serentak secara online di portal https://sscn.bkn.go.id. Namun tahukah anda? bahwa saat melakukan pendaftaran secara online tersebut, terlebih bagi anda yang baru pertama melakukannya, tentu ada hal-hal yang kurang dimengerti.

Diantaranya tentang data Kependudukan dan Catatan Sipil yang tidak sesuai dengan ijazah, saat login SSCN user tidak ditemukan, kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil, belum punya ijazah namun memiliki surat keterangan lulus, soal perbaikan data yang sudah dikirim. Serta masih banyak lagi pertanyaan umum lainnya.

Olehnya itu, Panselnas CPNS 2018 telah memberikan jawaban atas pertanyaan umum seperti disebutkan diatas. Berikut pertanyaan umum yang sering ditanyakan pelamar, sebagaimana dikutib dari laman SSCN yang telah dirangkum gamalamanews.com, Minggu (23/09).

Bagaimana jika data Kependudukan dan Catatan Sipil saya tidak sesuai dengan ijazah?
Hubungi Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi (ijazah) yang Anda miliki. Kontak DITJEN DUKCAPIL dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center:02130493838).

Bagaimana pengisian data nama yang benar?
Nama yang diisikan adalah Nama TANPA GELAR.

Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?
Untuk formasi CPNS tahun 2018, setiap pelamar CPNS HANYA dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?
Lakukan clear history(bersikan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi “User Tidak Ditemukan”, bagaimana solusinya?
Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda, pastikan username yang Anda ketikkan sesuai dengan username pada Kartu tersebut. jika masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2018. Kami akan melakukan pengecekan pada database SSCN 2018, beberapa dokumen (FC KTP, KK) akan dibutuhkan sebagai bukti pencarian data.

Sudah melakukan pendaftaran akun SSCN 2018, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

Setelah anda melakukan pendaftaran akun SSCN 2018, maka anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat.

Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?
Anda tidak dapat mengganti instansi yang telah anda pilih apabila anda sudah menekan tombol kirim.

Bagaimana cara mengubah pilihan instansi pendaftaran?
Jika Anda belum menekan tombol “simpan” pada pendaftaran maka Anda masih dapat merubah pilihan instansi yang dilamar, namun jika Anda telah selesai melakukan pendaftaran maka Anda TIDAK DAPAT MELAKUKAN PERUBAHAN pilihan instansi yg dilamar.

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi “Password Salah”, bagaimana solusinya?
Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda untuk memastikan User dan Password sudah terdaftar ke SSCN.

Bagaimana jika lupa password untuk Login ke dalam portal SSCN?
Silahkan menggunakan bantuan lupa password di halaman https://sscnhelpdesk.bkn.go.id.

Nah itu lah pertanyaan umum yang sering dipertanyakan oleh para pelamar saat melakukan pendaftaran di portal SSCN BKN. Selain disediakan pertanyaan umum di portal SSCN tersebut, bila menemukan kendala lain, pelamar juga bisa menghubungi Layanan Call Center untuk terhubung ke setiap instansi yang dituju pelamar.

Untuk kelengkapan pertanyaan umum lainnya, pelamar bisa mengakses portal https://sscn.bkn.go.id dan pilih di menu FAQ. (SS)