Beranda Halmahera Selatan CSR Harita Nickel Kembali Fokus Bantu Kesehatan Warga Sekitar

CSR Harita Nickel Kembali Fokus Bantu Kesehatan Warga Sekitar

606
0
CSR Harita Nickel Kembali Fokus Bantu Kesehatan Warga Sekitar.

LABUHA – Harita Nickel yang terdiri dari PT Trimega Bangun Persada dan PT Mega Surya Pertiwi mendapat kunjungan dari Puskesmas Lewi yang terletak di Pulau Obi, Halmahera Selatan.

Kunjungan tersebut untuk meminta bantuan kesehatan berupa obat-obatan serta fasilitas kesehatan.

Dokter HARITA, dr. Suryamin mengatakan bahwa kunjungan untuk meminta bantuan obat-obatan. Karena obat-obatan yang tersedia di Puskesmas Lewi diperuntukkan bagi warga lokal, namun saat ini banyak juga pendatang yang ada di sana.

“Mereka datang untuk meminta bantuan obat-obatan karena obat-obatan yang tersedia hanya untuk warga lokal, tapi sekarang banyak juga pendatang. Jadi mereka meminta subsidi obat-obatan dan alat,” kata dr Suryamin ketika dihubungi, Senin (8/10/2019).

Dikatakan, kebanyakan obat yang diminta yaitu untuk ispa. Selain itu juga obat-obatan seperti paracetamol, antibiotik, vitamin, serta alat suntik.

“Untuk obat-obatan ada dari tim CSR yang memberikannya. Kalau kami dari tim dokter hanya memberikan resep obat-obatannya saja, ” kata dr. Suryamin.

Selain itu, CSR Harita Nickel juga menyelenggarakan kegiatan posyandu setiap bulan di posyandu yang berada di pulau Obi.

“Selain pemberian obat-obatan kami juga rutin melakukan kegiatan posyandu di Puskesmas di Obi. Biasanya kami melakukan kegiatan seperti menimbang berat badan bayi, memberikan vitamin dan lain-lain, ” kata dr. Suryamin.

Suryamin juga mengatakan, peran dokter Harita tidak hanya disitu saja. Terkadang ada juga warga yang meminta bantuan untuk dibawa ke rumah sakit. Mengingat, fasilitas kesehatan yang ada di Pulau Obi tidak terlalu lengkap.

“Beberapa waktu yang lalu kami juga sempat membantu ibu yang ingin melahirkan, namanya ibu Nendi Kilai, dia warga di Pulau Obi. Karena tidak ada fasilitas yang memadai, kami membawanya ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil ambulans yang memang perusahaan sediakan, ” kata dr. Suryamin.

Sementara itu, Chief Deputy Head Exrel dan CSR Harita Nickel, Alexander Lieman mengatakan, salah satu program CSR yang menjadi fokus utama perusahaan adalah di bidang kesehatan. Karena kesehatan merupakan hal terpenting untuk masyarakat.

“Karena itu, kami selalu rutin memberikan bantuan kesehatan bagi warga di sini. Jika di Polindes kurang obat atau fasilitas, kami biasanya membantu mereka,” kata Alex.
Hal lain yang menjadi perhatian perusahaan yaitu minimnya tempat untuk berobat.

Polindes yang ada di Pulau Obi biasanya masih jauh dari standar untuk melakukan kegiatan. Misalnya saja tempat yang sempit dan kurang terawat dan fasilitas yang minim.
“Oleh karena itu, jika ada yang datang ke perusahaan kami dengan sangat senang hati membantu,” kata Alex.

Hal senada diungkapkan oleh Bidan di Polindes Desa Kawasi, Isna. Dia mengeluh kurangnya fasilitas yang ada di Polindes. Selain itu, terkadang tempat untuk berobat pasien biasa juga dijadikan satu untuk tempat tindakan ibu melahirkan.

“Kalau sekarang kondisinya sudah lebih baik karena sudah dibantu perusahaan. Kami juga sering mendapat bantuan dari perusahaan seperti obat-obatan, fasilitas dan kadang dokter jika ada warga yang membutuhkan perawatan serius,” kata Isna.(Raja)