Beranda Halmahera Utara Abu Gunung Dukono Ganggu Aktifitas Warga Tobelo, BPBD Halut Bagi-Bagi Masker

Abu Gunung Dukono Ganggu Aktifitas Warga Tobelo, BPBD Halut Bagi-Bagi Masker

105
0
BAGIKAN
Pembagian masker oleh salah satu staf BPBD Halut

TOBELO – Semburan abu vulkanik dari gunung api Dukono, berapa hari terakhir ini, sangat mengganggu kenyamanan warga kota Tobelo dalam beraktifitas. Bagaimana tidak, beraktifitas di tengah guyuran abu, selain mengganggu pernafasan, juga menghalangi pandangan.

“Torang susah mancari kalo abu gunung seperti ini. Banafas juga stenga mati, apa lagi mo ba lia. Mata tarasa pidis karena abu maso di mata,” ungkap salah satu tukang ojek yang sedang beristirahat di depan tugu Hibualamo.

Melihat keadaan yang dialami warga kota, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Utara, mulai kemarin, mengarahkan kemampuannya mengatasi masalah tersebut, dengan melakukan pembagian masker.

Tercatat, ada beberapa ruas jalan yang menjadi kosentrasi tempat pembagian yakni, sepanjang kantor bupati, depan Polres dan sekolah-sekolah. “Ada 5000 masker yang kita bagi. Pembagian sudah dari kemarin,” kata kepala BPBD Halut, Abner Manery lewat pesan singkat kepada media ini, Rabu (24/10) siang tadi.

Sementara itu, meningkatnya guyuran abu gunung, juga berdampak pada gangguan pernafasan warga sekitar. Dari informasi yang di himpun media ini, hampir semua tempat praktek dokter, yang beroperasi di kota Tobelo, disesaki oleh para pasien yang mengeluh akan penyakit tersebut.

Pihak Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo sendiri, ketika dikonfirmasi lewat pesan singkat WhatsApp, soal apakah ada peningkatan pasien, penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) akibat dampak abu gunung, belum memberikan jawaban. (Enol)