Beranda Halmahera Barat Gempa 5,2 SR Terjadi di Halbar

Gempa 5,2 SR Terjadi di Halbar

110
0
BAGIKAN
Ilustrasi

JAILOLO – Gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Minggu (11/ November 2018)

Berdasarkan rilis resmi dari Badan Metrologi Kimia dan Geofisika (BMKG) gempa bumi yang menguncang Halbar berkekuatan 5,5 SR, kemudian dimutakhirkan menjadi 5,2 SR, yang terletak di koordinat 1,54 LU dan 127,11 BT atau tepatnya 65 kilometer (KM) Barat laut Kota Jailolo dengan kedalaman 109 KM (Update) itu tidak berpotensi tsunami.

“Dari hasil analisis, gempa bumi yang terjadi ini dibangkitkan deformasi (transformasi) batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique,” kata Kepala Gempa Bumi dan Stunami BMKG Rahmat Triyono melalui rilis.

Lanjutnya, “Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah subduksi lempeng micro laut Maluku dan lempeng Filipina itu dirasakan di Manado, Bitung dan Siau (II MMI). Dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Dan hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.27 WIB  (16.27 WIT) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). namun kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Rahmat.

Terpisah Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Halbar, Imran Lolori, ketika dikonfirmasi, Minggu tadi, membenarkan adanya gempa bumi tersebut.

“Tetapi karena kedalamnya terlalu dalam sehingga tidak terasa di Halbar,” terangnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya Halbar, agar tetap waspada, bila terjadi gempa susulan, secepatnya dapat menyingkir ke tempat yang lebih aman,” pinta Imran.(UK)