Beranda Maluku Utara Wali Kota Tidore Jadi Irup Hari Pahlawan

Wali Kota Tidore Jadi Irup Hari Pahlawan

544
0
Situasi Upacara

TIDORE KEPULAUAN – Puncak Peringatan Hari Pahlawan di Kota Tidore Kepulauan diwarnai keheningan selama 60 detik. Suasana tenang dan syahdu ini terjadi saat Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim selaku Inspektur Upacara memberi aba-aba “Mengheningkan Cipta”. Selama sekitar 60 detik seluruh aktifitas warga maupun laju kendaraan yang melintas di halaman Kantor Wali Kota ikut menyesuaikan dengan berhenti sejenak.

Secara umum, pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di Kota Tidore Kepulauan berlangsung sederhana dan khidmat. Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 10 November ini dipusatkan di Halaman Kantor Walikota, Sabtu (10/11) pagi.

Upacara yang mengusung tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” ini dihadiri oleh Forkompimda, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, unsur TNI-Polri, para siswa, mahasiswa serta karyawan dan karyawati lingkup Kota Tidore Kepulauan.

Menteri sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Capt. H. Ali Ibrahim menyampaikan Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan dan mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur”, kata Agus.

Agus juga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa, “Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Bertindak selaku Komandan Upacara, Paurdal Ops Bagian Operasional Polres Tidore, IPDA Ofan Abdurrachman, Perwira Upacara Kabag Ops Polres Tidore, AKP Arifin Laode Buri, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Staf Ahli Walikota Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Jamaluddin Badar, Petugas Pengibar Bendera dari Purna Paskibraka masing-masing Fikram N. Marsaoly, Jibran Karim dan Asrul Ade; Korsik dari Madrasah Aliyah Mareku dan bertindak sebagai pembaca do’a Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama Kota Tidore Kepulauan, Ali M, Tero.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini dirangkaikan dengan acara tabur bunga ditiga titik berbeda yakni di Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku dipimpin Wali Kota Capt. H. Ali Ibrahim, di Taman Makam Pahlawan yang dipimpin Kajari Soasio, Adam Saimima, dan di Pelabuhan Trikora Goto yang dipimpin Hakim Pengadilan Negeri Soasio.

Untuk Pelarungan Bunga di Pelabuhan Trikora, rombongan mendapat kehormatan melarung bunga dari atas Kapal KM Sinabung yang kebetulan sedang bersandar di Pelabuhan Trikora, hal ini dilakukan atas permintaan Nakhoda KM Sinabung untuk melarung dari atas kapal tersebut. (Hms/SS)