Beranda Komunitas Tanam Magrove, PMMD Kelurahan Dowora Ajak Generasi Cinta Lingkungan

Tanam Magrove, PMMD Kelurahan Dowora Ajak Generasi Cinta Lingkungan

186
0
BAGIKAN
Penanaman 100 tanaman mangrove tersebut dilakukan di lokasi pantai Doyado, kelurahan Dowora, kecamatan Tidore Timur, kota Tidore Kepulauan.

TIDORE KEPULAUAN – Tumbuhkan kesadaran generasi masa kini akan pentingnya hutan mangrove yang memiliki berbagai fungsi bagi kehidupan masyarakat pesisir. Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) di kelurahan Dowora, kecamatan Tidore Timur, kota Tidore Kepulauan, bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur melakukan kegiatan penanaman 100 tanaman magrove pada Minggu, 9 Desember 2018.

Penanaman 100 tanaman mangrove tersebut dilakukan di lokasi pantai Doyado, kelurahan Dowora, kecamatan Tidore Timur, kota Tidore Kepulauan.

Pemuda Mandiri Membangun Desa kelurahan Dowora, Suyono Sahmil kepada media ini mengatkan bahwa, dipilihnya lokasi penanaman tumbuhan mangrove di pantai Doyado, karena areal tersebut telah mengalami abrasi, ditambah lagi, adanya pengambilan pasir oleh masyarakat sekitar.

“Kita tanaman disini karena lokasi ini sudah mengalami abrasi, padahal garis pantai disini dulunya berada sekitar belasan meter jauhnya dari bibir pantai yang ada saat ini. Ini juga disebabkan karena seringnya masyarakat sekitar mengambil pasir untuk keperluan komersial maupun non komersial,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, penanaman mangrove di areal tersebut, karena Doyado masuk di kelurahan Dowora sebagai wilayah kerja dirinya, yakni Pemuda Mandiri Membangun Desa.

Dirinya berharap, agar kelak mangrove yang telah di tanam itu, dapat memberikan manfaat besar, terutama bagi masyarakat pesisir di pantai Doyado. Baik manfaat secara ekonomi maupun ekologi.

“Manfaat tumbuhan mangrove ini kan cukup banyak baik untuk ekonomi maupun ekologi. Ekologi misalnya, tumbuhan mangrove ini dapat menjaga kestabilitas garis pantai, melindungi pantai dari dan abrasi, menahan sedimen, kawasan penyangga proses intrusi, dan masih banyak lagi manfaatnya. Untuk manfaat ekonomi salah satunya dapat dijadikan tempat berwisata,” tutur Suyono.

Olehnya itu, tambahnya, sebagai generasi muda saat ini, marilah bersama kita menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita, agar tetap dirasakan generasi yang akan datang.

Sementara itu, penanaman 100 tanaman mangrove tersebut selain melibatkan SSB Bintang Timur, penanaman mangrove itu melibatkan pula tokoh pemuda dan masyarakat kelurahan Dowora, Hi. Abdullah Usman.

Dikesempatan itu, Abdullah Usman menghimbau kepada masyarakat agar dapat bersama menjaga tanam mangrove yang telah di tanam tersebut, seraya memberikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olah Raga atas program berupa Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD).

“Kepada semua warga disekitar untuk sama-sama kita menjaga dan memelihara tanaman ini sebagai pelindung tepian pantai dari hantaman ombak, disamping menanti pembangunan tembok tepian pantai oleh Pemerintah disaat mendatang. Terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olah Raga atas program ini,” tutur Abdullah Usman. (SS)