Beranda Halmahera Selatan Lahabato, Harapkan Warga Nikmati Penyaluran CSR Harita Nickel

Lahabato, Harapkan Warga Nikmati Penyaluran CSR Harita Nickel

683
0

LABUHA – Anggota DPD RI dari Provinsi Maluku Utara, Abdurahman Lahabato mengapresiasi penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) oleh perusahaan tambang Harita Nickel. Ia mengharapkan agar CSR yg diberikan , bisa dirasakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat

“Memang, setiap perusahaan dilaporkan telah menyalurkan CSR adalah betul seperti perusahaan tambang Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi dan tentunya bisa dirasakan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi,” kata Abdurahman Lahabato, Sabtu (15/12/2018).

Menurut Abdurahman, penyaluran dana CSR merupakan kewajiban perusahaan yang beroperasi di sekitar lingkar tambang dan tentu manfaatnya bisa terasa secara menyeluruh bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Chief Deputy Head Exrel dan CSR Harita Nickel, Alexander Lieman mengatakan bahwa Harita Nickel telah melakukan berbagai kegiatan CSR seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2017 tentang Perseroan Terbatas atau Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Adapun sejumlah kegiatan CSR yang telah dilakukan seperti mendirikan rumah ibadah baik masjid ataupun gereja, mendirikan ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar di SD Kawasi, melakukan kegiatan pemberdayaan holtikultura oleh warga di Desa Kawasi, menyediakan dokter serta sarana dan prasarana kesehatan bagi masyarakat sekitar, dan sebagainya.

“Dalam merekrut tenaga kerja kami juga lebih mengutamakan pemuda di sekitar Obi dan Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya kami juga pernah mengirim beberapa para pemuda di Desa Kawasi untuk mendapat pengetahuan dalam rangka transfer teknologi ke negeri China,” kata Alex.

Selain itu, katanya, perusahaan juga pernah melakukan School Development Program dalam rangka pengentasan pendidikan. Bekerja sama dengan ProVisi Education, Harita Nickel melakukan pelatihan dan pendampingan intensif yang akan membentuk budaya positif sekolah.

“Semua program CSR yang kami lakukan ini demi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan serta untuk kesejahteraan baik di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya,” kata Alex.(Raja)