Beranda Maluku Utara 20 Kursi DPRD Pultab Siap Direbut 235 Caleg

20 Kursi DPRD Pultab Siap Direbut 235 Caleg

131
0
BAGIKAN
Devisi Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulau Taliabu, Asrarudin La Ane.

TALIABU – 20 kursi panas dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Pulau Taliabu (Pultab) siap direbut oleh 235 calon anggota legislatif (Caleg) dari 16 partai politik.

Zona pemilihan legislatif Pulau Taliabu dibagi menjadi dua daerah pemilihan ( dua dapil), yakni dapil I dengan 10 kursi dan dapil II juga dengan 10 kursi.

Dari data yang dikantongi GamalamaNews, 10 kursi dapil I direbut oleh 117 caleg, yang terdiri dari 75 pria dan 42 perwakilan perempuan pada dapil II 10 kursi di rebut oleh 118 caleg, yang terdiri dari 71 pria dan 47 perwakilan perempuan.

Devisi teknis penyelenggara komisi pemilihan umum (KPU) Pulau Taliabu, Asrarudin La Ane kepada GamalamaNews beberapa waktu lalu mengatakan, KPU Taliabu sudah menyiapkan segala kesiapan menuju Pileg dan juga Pilpres.

“Kami sudah menyiapkan teknis untuk pencoblosan Pileg maupun Pilpres diantaranya adalah surat suara. seperti yang telah di ketahui, bahwa di 5 surat suara ini, hanya Pilpres dan pemilihan DPD RI saja yang dicantumkan foto kandidat, sisanya yakni DPRD kabupaten, provinsi dan DPR RI itu hanya nama dan nomor urut saja,” ungkap Asrul.

Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat ini, pihak KPU Pultab bakal melakukan sosialisasi kepada warga dalam hal bagaimana cara melakukan pencoblosan dan juga sosialisasi lainnya menyangkit dengan tahapan Pileg maupun Pilpres.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan sosialisasi untuk tahapan pemilihan Pileg maupun Pilpres, salah satunya adalah metode pencoblosan hingga warna yang ada disurat suara sebagai tanda pembeda antara kertas suara dprd kabupaten, provinsi dan seterusnya,” tambahnya.

Pileg Pultab kali ini sangat berbeda dengan Pileg periode tahun sebelumnya. Mulai dari darerah pemilihan yang sudah terpisah dari kabupaten Kepulauan Sula juga ada tambahan partai baru yang diisi dengan caleg muda yang optimis bakal memenangkan Pileg kali ini.

Salah satu caleg muda yang sempat di wawancarai oleh GamalamaNews dari patai Demokrat, Hitno Kosi, ia mengatakan “Pileg kali ini saya optimis bakal mendapatkan 1 kursi, satu hal yang saya yakin bahwa, masyarakat Pulau Taliabu membutuhkan para figur muda yang progresif, yang bisa membawa aspirasi masyarakat dan juga mampu memberikan ide segar bagi pemerintah Pulau Taliabu guna membangun daerah ke jalan yang lebih baik lagi,” singkatnya. (HH)