Beranda Maluku Utara Maret 2019, Kegiatan Festival Tingkat Kecamatan Dimulai

Maret 2019, Kegiatan Festival Tingkat Kecamatan Dimulai

362
0
BAGIKAN
Sekretaris Dispar Pulau Morotai, Husen Moni.

MOROTAI – Untuk mendorong percepatan pembangunan, khususnya di sektor pariwisata. Maka di bulan Maret tahun 2019 ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pulau Morotai, akan menyelenggarakan kegiatan Festival di lima kecamatan dengan sejumlah mata lomba yang sudah disiapkan oleh panitia.

“Sejumlah mata lomba yang nantinya dilakukan dalam kegiatan tersebut, yakni lomba jojaru ngogare, Morotai idol, sini tari, cipta menu, dan lomba paduan suara,” kata Sekretaris Dispar Pulau Morotai, Husen Moni, saat dikonfirmasi media ini diruang kerjanya.

Dijelaskannya, ”Dalam lima mata lomba ini setiap desa akan diutuskan beberapa orang. Diantaranya lomba jojaru ngogare dua perempuan dan dua orang laki-laki, lomba Morotai idol setiap desa dua orang, kemudian lomba seni tari setiap desa wajib mengirimkan dua kelompok dari dua kategori, lomba cipta menuh setiap desa mengutuskan dua perseta dari tiga kategori. Sementara untuk lomba paduan suara setiap desa satu grup dengan jumlah 25 orang,” terangnya.

Setiap kegiatan, kata Husen, ”Para perserta dimasing-masing lomba yang berhasil mendapatkan juara 1 dan 2 akan dikirim ke Kabupaten. Untuk mengikuti kegiatan Festival lanjutan di tingkat Kabupaten, yang bakal dilaksanakan pada saat menjelang HUT RI tahun 2019 ini. Namun, sebelum kegiatan berjalan para peserta di setiap mata lomba akan dilakukan karang tina selama tiga hari. Sehingga penampilan dan mental mereka lebih siap, karena para undangan yang akan hadir dan menyaksikan acara puncak kegiatan festival, itu tamunya kami undang dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI,”katanya.

Diketahui bahwa, jadwal kegiatan festival yang akan dilakukan di setiap kecamatan itu tidak bersamaan, yakni Kecamatan Morselbar tanggal 4-10 Maret, Kecamatan Morja tanggal 1-7 April, Kecamatan Morut tanggal 8-14 April, Kecamatan Mortim tanggal 22-28 April, dan Kecamatan Morsel tanggal 17-23 Juni.(Ical)