Beranda Maluku Utara Penutupan Kegiatan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu, Lanal Morotai Gelar Simulasi Demo

Penutupan Kegiatan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu, Lanal Morotai Gelar Simulasi Demo

1401
0

MOROTAI – Untuk mengsukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 ini. Bertempat dilapangan Mako Lanan, Kamis (07/2) lalu. Lanal Pulau Morotai menggelar kegiatan penutupan latihan pratugas pengamanan Pemilu Legeslatif dan Presiden, yang diikuti oleh seluruh prajurit Lanal, dengan melibatkan puluhan warga Desa Juanga yang dijadikan massa pengunjuk rasa pada simulasi demo agresif dan agresif segera.

“Latihan tersebut merupakan hari puncak dari latihan yang dilaksanakan oleh seluruh Jajaran Koarmada lll yaitu seluruh Lantamal, Lanal dan Yonmarhanlan XIV. Yang sudah digelar sejak tanggal 28 Januari 2019 oleh Pangkoarmada III Laksda TNI I N. G. Ariawan, S.E., M.M. di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III Kota Sorong, Provinsi Papua Barat,” ucap Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E, M.Tr.Hanla.

Menurutnya, ”Lanal Morotai merupakan salah satu Pangkalan TNI AL dibawah jajaran Koarmada III yang ikut melaksanakan latihan tersebut. Latihan ini merupakan latihan pratugas pengamanan Pemilu 2019 yang pada hakekatnya merupakan bentuk latihan operasi dukungan kepada Pemerintah Daerah serta Polri dengan memproyeksikan kekuatan serta Pangkalan TNI AL, dan latihan pratugas ini juga merupakan wujud dari tanggungjawab dan pengabdian kita dalam menjaga keutuhan NKRI, sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas kemampuan dan profesionalisme prajurit Lanal Morotai dalam menjalin kerjasama,” ucapnya.

Dijelaskan, ”Latihan pratugas pengamanan Pemilu tahun 2019 meliputi berbagai materi, diantaranya K3I (Komando, Kendali, Komunikasi, dan Informasi) aplikasi jikapengamanan pemilu, komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah pengetahuan umum tahapan penyelenggaraan pemilu, teknik prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas,” terangnya.

Danlanal menambahkan, ”Kegiatan ini juga tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari Polres Morotai sebagai pemateri Tri Patra oleh Ipda Pol Abdul Haris Alwan, Ketua KPUD Pulau Morotai Saima Nuang, S.Sos sebagai pemateri Tahapan Pemilu dan Bawaslu Pulau Morotai, kemudian materi dan demo lapangan berupa pembentukan pasukan PHH dipimpin oleh Lettu Laut (PM) Achmad Haikal beserta seluruh Perwira Staff Lanal Morotai. Untuk mendukung latihan tersebut,” tandasnya. (Ical)