Beranda Maluku Utara Disdukcapil Morotai Berhasil Dapatkan Satu Unit Mobil Pelayanan dari Kemendagri

Disdukcapil Morotai Berhasil Dapatkan Satu Unit Mobil Pelayanan dari Kemendagri

1057
0

MOROTAI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pulau Morotai, berhasil mendapatkan bantuan satu unit mobil pelayanan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Permintaan bantuan mobil ini sejak tahun 2016. Namun, bantuan tersebut baru diberikan tahun 2018 dengan total harga mobil pelayanan tersebut yang dilengkapi dengan fasilitasinya Rp 1 Miliar lebih,” kata Kepala Disdukcapil Pulau Morotai, Hi. Rajak Lotar, kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (20/2).

Lanjut Rajak, ”Tujuan dari permintaan mobil itu dalam untuk mempercepat pelayanan pembuatan e-KTP, kartu keluarga (KK), akte kelahiran, dan buku nikah khususnya agama kristiani. Jadi manfaatnya mobil ini ketika kami turun ke desa-desa lakukan perekaman itu lansung dilakukan percetakan di lokasi, karena mobil tersebut dilengkapi dengan jaringan internet tersendiri, serta fasilitasi pendukung lainya,” jelasnya.

Sementara, kata Rajak. Mobil pelayanan ini bisa beroperasi setelah penyerahan selesai yang dilakukan oleh Mendagri, pada tanggal 18 Maret 2019 nanti, karena Mendagri bersama menteri lainnya akan datang ke morotai di bulan Maret. Olehnya itu, sebelum dilakukan penyerahan mobil sekaligus uji coba. Maka dalam waktu dekat ini kami akan datangkan teknisinya untuk di uji coba duluan,” ucapnya.

Dia menambahkan, Selain mobil pelayanan  pembuatan e-KTP, KK, dan akte kelahiran. Pihaknya juga berhasil mendapatkan hadiah satu unit motor trail CRF Honda 150 dari Kemendagri.

”Hadiah yang diberikan oleh Kemendagri ini dilihat dari daerah-daerah yang memiliki akte kelahiran di atas 95 persen, dan Morotai masuk dalam capaian tersebut,” ringkasnya.(Ical)