Beranda Maluku Utara Hasanudin Tidore Resmi Dilantik sebagai Ketua DPC Apdesi Kepsul

Hasanudin Tidore Resmi Dilantik sebagai Ketua DPC Apdesi Kepsul

56
0
BAGIKAN

TERNATE – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Gedung Duafa Center Ternate, Rabu (20/03/2019).

Pelantikan ini ditandai dengan penyerahan bendera Apdesi oleh Ketua DPD Apdesi Malut, Darwin Salmin kepada Hasanudin Tidore S.TP selaku Ketua DPC Apdesi Kepsul yang baru.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kepsul Hendrata Thes, Ketua DPD Apdesi Kepsul Darwin Salmin, sejumlah Kepala SKPD Kepsul dan Kepala Desa.

Bupati Kepsul, Hendrata Thes berpesan agar, pengurus DPC Kepsul yang baru dilantik ini lebih berperan secara profesional dan beretika dalam menjawab tantangan daerah.
Hendrata juga meminta agar program yang diusung harus lebih bersinergi dengan program pemerintah daerah.

“Harus lebih profesional dalam membuat program jangan asal-asal nanti terkesannya gaduh semua,” pinta Hendrata, ketika ditemui wartawan usai acara pelantikan.

Lanjutnya, yang tak kalah penting adalah perbaikan SDM Kepala Desa. Sehingga ia berharap agar dengan adanya Apdesi bisa menjadi satu wadah yang profesional.

“Kita akan melakukan pemilihan kepala desa maka, solusianya adalah harus ada standarisasi. Mungkin dari pendidikan ijazah SMA atau S1. Karena kalau paham mengelola uang diatas 1 M itu harus jujur. kalau tidak paham dan tidak mau jujur inikan tidak profesional. yang lebih parah lagi kalau orientasinya bukan ke rakyatnya,” ujar Hendrata.

“Mungkin ini butuh perbaikan kualitas dan SDMnya sehingga kepala desa kedepan kalau dicalonkan harus sesuai dengan harapan masyarakat,” sambung Hendrata.

Sementara itu, Ketua DPC Apdesi Kepsul yang baru Hasanudin Tidore, optimis mensinergikan program yang akan diusung dengan program pemerintah daerah.

“Tujuan yang paling mendasar adalah bagaimana mendapat legitimasi hukum dari pengurus DPD Apdesi Provinsi Malut,” katanya.

“Kita jadikan Apdesi Kepsul sebagai wadah untuk menyerap aspirasi teman Kepala Desa di wilayah kepsul,” sambung Hasanudin yang juga sebagai Kades Waiboga .

Lanjut dia, kepengurusan Apdesi di Kepsul tidak hanya ditingkat kabupaten saja, akan tetapi akan dibentuk kepengurusan tingkat kecamatan.

“Ada 12 Kecamatan di Kepsul. Dalam kepengurusan dewan Kecamatan sudah dibentuk melalui SK pelaksana harian. Maka dalam waktu dekat kami akan turun di 12 kecamatan itu untuk mendefenitifkan pengurus DPK di tingkat Kecamatan,” pungkasnya. (Ogan)