Beranda Advetorial Ribuan Siswa SD di Ternate Wisuda Tahfidz dan Baca Tulis Al-Quran

Ribuan Siswa SD di Ternate Wisuda Tahfidz dan Baca Tulis Al-Quran

190
0
BAGIKAN
Wisuda baca Tulis Al-Quran dan Tahfidz Al-Quran, yang dilakukan di Gelora Kie Raha Ternate (10/04/19). Foto : Istimewa.

Kadis Diknas Kota Ternate : “Wisuda kali ini dengan nuansa yang berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana, wisuda kali ini siswa bisa langsung diwisudakan oleh kepala sekolah SD dan SMP karena kepala sekolah telah siap dan merawat, dan melanjutkan apa yang dilakukan guru dari jenjang SD”.

TERNATE – Sebanyak 3.247 siswa dan siswa sekolah dasar (SD) se kota Ternate mengikuti wisuda Tahfidz dan Baca Tulis Al-Qur’an tahun 2019 M 1440 H, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate di Stadion Gelora Kie Raha Ternate, Rabu (10/4) Kota Ternate Tengah.

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dan Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Tahir serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) kota Ternate.

Wali Kota Ternate Burahan Abdurahman dalam sambutannya mengatakan, kepada jajaran Dinas Pendidikan Kota Ternate dan segenap elemen masyarakat, agar teruslah berkhidmat dan jangan berhenti berpikir dan berbuat menciptakan generasi Qurani.

Khusus kepada kepala sekolah dan guru jenjang SMP Wali Kota berpasan, agar rawat apa yang digapai saat ini dengan diwisudanya 3.247 wisudawan dan ribuan santri yang telah diwisuda beberapa tahun lalu.

Burhan mengatakan, temukan metodologi kekinian, eksplorasi ikhtiar dalam penyusun program yang berkesinambungan, guna melanjutkan program BTQ dan tahfidz seperti program ekselarasi tahfidz Al-qur’an. Penguatan BTQ dalam mendalam ilmu membaca hukum tajwid dan kajian tentang isi kandungan Al-Qur’an.

“Momen yang sangat baik ini, saya sangat memberikan aspirasi kepada kepala sekolah, guru dan segenap tenaga kependidikan di beberapa SMP yang melakukan lompatan inovasi dengan menggiatkan para siswa menuaikan shalat subuh secara berjamaah di sekolah. Beruntung para guru dan ustad yang telah mendarmabaktikan ilmunya untuk terciptanya sebuah alam yang di huni oleh para generasi Qur’ani,” ungkap Wali Kota.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan wisudawan dan para orang tua wali siswa, Wali Kota Ternate dua periode berkata, berbahagialah orang tua yang memiliki putra putri shaleh shaliha, semoga di tangan mereka akan tertuang air jannah kepada orang tua yang dahaga. Apalagi, tema yang diusung pada wisuda ini, Harmonisasi Ikhtiar Soa, Sekolah dan Sigi yang menghadirkan generasi Quran yang tangguh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ibrahim Muhammad mengatakan, Wali Kota Ternate, dalam niatannya maju di periode kedua adalah untuk bagaimana menjadikan anak Ternate pandai membaca Al-Quran.

Ibrahim menyebutkan peserta wisuda BTA terdiri dari 84 orang dari Kecamatan Moti. Sementara jumlah peserta keseluruhan siswa yang mengikuti wisuda BTA adalah 3.247 orang yang terdiri dari 197 hafizt, hafillah, didalamnya 1 orang hafizt 25 juz 1 orang hafizt 9 juz dan 1 orang hafizah 3 juz.

Ibrahim mengaku, wisuda BTA adalah buah dari kerja sama seluruh elemen masyarakat yang disebut dengan satu tungku tiga batu, soa, sekolah dan sigi. Artinya keluarga, sekolah dan masyarakat secara umum.

“Dalam rangka memberikan pembekalan kepada anak dalam menghadapi tantangan di masa depan yang tidak pasti. Tiupan angin yang kencang bukan untuk menggoyangkan dahan dan ranting tetapi untuk menguji kekuatan akar di pohon tersebut,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Ibrahim mengaku, wisuda kali ini dengan nuansa yang berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana, wisuda kali ini siswa bisa langsung diwisudakan oleh kepala sekolah SD dan SMP karena kepala sekolah telah siap dan merawat, dan melanjutkan apa yang dilakukan guru dari jenjang SD.

“Saya juga melaporkan di beberapa SMP di Kota Ternate harus ada kebiasaan menunaikan ibadah shalat subuh berjamaah di sekolah masing-masing, kami sangat berterima kasih kepada kepala sekolah maupun guru agama yang telah menghibahkan ilmunya untuk kemajuan pendidikan di Kota Ternate,” tandasnya. (MN/Red)