Beranda Halmahera Barat KPU Halbar Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat...

KPU Halbar Resmi Buka Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten

1382
0

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dengan resmi membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden , DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Halmahera Barat Tahun 2019, bertempat di Aula KPU Halbar Rabu (01/05/2019).

Sambutan Ketua KPU Halbar Abjan Raja yang diwakili oleh Anggota KPU Devisi SDM Abner Saban mengatakan, bahwa hari ini merupakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten sehingga meminta kepada hadirin untuk melakukan doa kepada para penyelenggara yang menjalankan tugas, maupun yang telah wafat.

“Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Halbar dari pemungutan sampai dengan rekapitulasi tingkat kecamatan berjalan dengan aman namun dalam pelaksanaan Pleno terjadi perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar sehingga perbedaan tersebut telah dilakukan perbaikan secara bersama-sama,” kata Abner.

Dikatakan Abner, untuk pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kecamatan dilaksanakan dari tanggal 20 April sampai tgl 04 April 2019 dan sampai dengan saat ini 6 kecamatan yang telah selesai melakukan rekapitulasi namun masih melakukan pengisian berita acara hasil rekapitulasi dan untuk pleno rekapitulasi tingkat KPU kabupaten kota sesuai jadwal yang diatur dalam PKPU dari tanggal 20 April sampai dengan tanggal 07 Mei 2019.

“Kami KPU bahwa mulai hari ini sampai selesai dilaksanakan rapat pleno agar para saksi benar-benar mengikuti dengan baik sampai selesai, yang mana pada saat pemungutan dan penghitungan suara baik tingkat TPS dan pleno tingkat kecamatan dari hasil pantauan kami KPU para saksi dari Partai Politik tidak maksimal dalam mengikuti proses pemungutan sampai dengan penghitungan suara,” tuturnya.

Abner juga berharap agar dalam proses rekapitulasi tingkat kabupaten diminta kepada para saksi agar memiliki data sanding sehingga jika terjadi perbedaan bisa dilakukan perbaikan secara bersama.

“Dalam pesta demokrasi ada kalah dan menang sehingga harapan kami pada peserta yang belum berhasil harus terima dan merupakan suatu pengalaman untuk kedepan lebih baik lagi, dan kami KPU bersama dengan Bawaslu bertekad untuk Halbar, tidak lagi dikategorikan sebagai daerah zona merah,” harap Abner.

Diakhir sambutan, Abner mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan yang telah menjaga proses pemilu sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

“Ucapan terima kasih juga kepada peserta pemilu yang bekerja sama dengan kami KPU dan Bawaslu sehingga proses dari tahapan sampai dengan rekapitulasi tingkat Kabupaten Halbar berjalan aman dan sukses,” tandasnya.

Turut hadir dalam rapat pleno terbuka tersebut, Ketua KPU Abjan Raja, mewakili Kapolres Halbar Kasat Intel AKP Hendrik
Devisi Hukum Ramla Hasyim, Devisi Tekhnis Irwan Kader, Devisi SDM Abner Saban, Sekretaris KPU Halbar Rusdi Yamin, unsur Pimpinan Bawaslu Halbar Ketua Alwi Ahmad, Kordiv HPP Aknosius Datang, Kordiv PHL Muhammadun Hi Adam, peserta para saksi parpol, saksi presiden dan wakil presiden, saksi DPR-RI, saksi DPD, saksi DPRD provinsi dan kabupaten, Kadis Dukcapil Andy R. Pilly, dan tamu undangan. (UK)