Beranda Halmahera Selatan CSR Harita Group Berikan Makanan Tambahan dan Alat Body Weight Scale

CSR Harita Group Berikan Makanan Tambahan dan Alat Body Weight Scale

749
0

OBI – Setelah melaksanakan launching Kawasi bebas sampah beberapa waktu lalu, kini PT. Harita Nickel kembali menunjukan kepedulian terhadap masyarakat di lingkar tambang, Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dengan memberikan makanan tambahan untuk meningkatkan kesehatan bayi dan balita.

Kegiatan yang berlangsung di Poliklinik Desa (Polindes) Kawasi Selasa (14/5/19), Harita Nickel Division memberikan makanan tambahan juga memberikan alat body weight scale baru untuk melengkapi peralatan kesehatan bagi masyarakat.

Salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Harita Nickel di bidang kesehatan ini bertujuan meminimalkan jumlah kasus gizi buruk bagi bayi dan balita di Desa Kawasi.

Penanggung Jawab kegiatan PMT, Margarita Luwudara, mengatakan bahwa kegiatan ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kawasi dan Puskesmas Laiwui demi terwujudnya balita Desa Kawasi yang sehat dan tercukupi gizinya.

“Konsep program lebih banyak diarahkan pada penyediaan asupan gizi balita agar tujuan kita bersama yakni bayi dan balita Desa Kawasi sehat bisa tercapai sebaik mungkin,” ungkapnya.

Tercatat sebanyak 88 balita Desa Kawasi terlibat dalam kegiatan PMT ini. Adapun makanan tambahan yang dibagikan oleh Harita Nickel Division antara lain 56 dus bubur bayi, 4 karton susu, 38 bungkus biskuit, serta bubur kacang hijau siap saji yang disediakan bagi orang tua maupun anak-anak yang hadir dalam acara.

Ina Datang, salah satu warga Desa Kawasi mengaku sangat bersyukur dengan adanya program CSR yang memerhatikan kesehatan balita ini.

“Saya berterima kasih kepada perusahaan yang peduli terhadap gizi balita. Selain itu, perusahaan juga telah melengkapi peralatan di Polindes. Semoga program seperti ini terus berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu, Pengawas Imunisasi dari Puskesmas Laiwui, Aliadi Laida, mengapresiasi upaya Harita Nickel Division yang telah menyediakan program PMT ini.

Menurutnya, jumlah ibu yang membawa balita mereka untuk imunisasi lebih banyak sejak adanya makanan tambahan yang diberikan oleh perusahaan. “Sekarang kami tidak terlalu sering menghampiri ibu-ibu dari pintu ke pintu untuk imunisasi,” terangnya.

Lanjut dia, “Kesadaran mereka untuk datang ke Polindes dan memberi imunisasi bagi anaknya semakin meningkat,” jelasnya.

Salah satu bidan yang bertugas di Polindes Kawasi, Lusiana M. Tjaling, juga menyambut baik adanya program kesehatan dari Harita Nickel Division ini.

Menurutnya sejauh ini memang terdapat kendala dalam pelaksanaan imunisasi di Desa Kawasi.

Hingga saat ini, Polindes Kawasi belum memiliki alat penyimpanan vaksin (vaccine cooler box) yang memadai sehingga pelaksanaan imunisasi belum berjalan maksimal.

Hal ini berpengaruh pada terbatasnya ketersediaan vaksin ketika hendak digunakan. Sementara itu, posisi terdekat penyimpanan alat tersebut berada di Puskesmas Laiwui yang memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam menggunakan speedboat.

Program CSR Harita Nickel Division yang fokus terhadap perbaikan kualitas gizi bayi dan balita ini telah berlangsung selama sejak 2017 lalu.

Dalam tiga bulan terakhir, setidaknya telah ada 153 dus bubur bayi, 8 karton susu, 91 bungkus biskuit, serta makanan tambahan lainnya yang diberikan kepada bayi dan balita sesuai kebutuhan.

Tak lupa, pihak perusahaan pun terus melengkapi peralatan Polindes agar dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain menjaga konsistensi dalam hal pelaksanaan, Harita Nickel Division juga terus meluaskan cakupan program ini ke desa lainnya, seperti Desa Soligi, agar semakin banyak bayi dan balita yang merasakan manfaatnya.

Diharapkan, jumlah asupan gizi pada bayi dan balita terus meningkat sehingga kasus gizi buruk tidak terdengar lagi. (Rls/HI)