Beranda Maluku Utara Bila Terwujud, Industri Saos Tomat dan Minuman Bakal di Miliki Kota Tikep

Bila Terwujud, Industri Saos Tomat dan Minuman Bakal di Miliki Kota Tikep

553
0
BAGIKAN
Kadis Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin.

TIDORE KEPULAUAN – Sebagai langkah mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Tidore Kepulauan terutama para petani, dan sekaligus memperkuat visi misi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sebagai kota Jasa berbasis Agromarine, Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan merencanakan membuat industri menengah keatas, untuk memproduksi saos tomat dan saos sambal, minuman es mangga, durian dan buah naga. Serta merencanakan membuat Agrowisata di Kelurahan Fobaharu Kecamatan Tidore Utara.

Hal itu disampaikan Kadis Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (21/05/2019).

Dikatakannya, untuk mesin sudah disiapkan dan tinggal Pemerintah Daerah membangun gudang prosesing sebagai proses produksi saos maupun minuman tersebut. Sedangkan untuk proses pengelolaan karena masih terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki. Kadis mengatakan, bakal bekerja sama dengan pihak ketiga.

“Kami merencakan bermitra dengan Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate, disitu untuk pendampingan secara teknologinya dengan begitu Insya Allah tong (kami) su bisa jadi industri menengah keatas, saos sambal, saos tomat, es mangga, durian dan buah naga tersebut,” tutur Kadis.

Diakuinya bahwa, produksi saos tomat dan lainnya itu, bila digenjot dengan baik terlebih adanya bantuan dari pihak kampus, sebab kampus memiliki jaringan yang luas, maka produksi akan usaha tersebut bisa terjual keluar.

Dirinya pun berharap bahwa dengan adanya usaha produksi tersebut dapat membantu petani tomat di kota Tidore Kepulauan.

Selain rencana pembuatan produksi saos maupun minuman, Kadis juga menyampaikan berkeinginan membuat Agrowisata yang didalamnya ada hotel dan fasilitas lainnya. (SS)