Beranda Maluku Utara Asrul Sani Soleman Resmi Dilantik Jadi Sekda Tidore

Asrul Sani Soleman Resmi Dilantik Jadi Sekda Tidore

1180
0
Suasana pelantikan.

TIDORE KEPULAUAN – Wali Kota Tidore Kepulauan Hi. Ali Ibrahim secara resmi mengambil sumpah dan melantik Asrul Sani Soleman sebagai Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota Tidore, Senin (27/05/2019) pagi.

Pelantikan Asrul Sani Soleman sebagai Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan berdasarkan Surat Keputusan No 78.1/2019 Tentang Pengangkatakan Pejabat pimpinan Tinggi Pratama.

Mengawali sambutannya, Wali Kota Ali Ibrahim memberikan ucapan kepada Asrul Sani Soleman sebagai Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepuauan, semoga dalam tugasnya dapat berjalan dengan baik.

“Mengawali sambutan, saya sampaikan selamat bertugas kepada saudara Asrul Sani Soleman, semoga saudara dapat menjalankan amanah ini secara baik baik,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa dilantiknya Asrul Sani Soleman sebagai Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan karena telah dinyatakan layak dan memenuhi persyaratan administrasi serta memiliki kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan dengan memperhatikan hasil penilaian uji kompetensi melalui proses assesment.

“Pelantikan ini sudah sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan,” tutur Wali Kota.

Selain itu, kata Wali Kota, pelantikan Sekretaris Daerah pada hari ini juga bermakna strategis karena bertepatan dengan sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadhan, dimana telah dijanjikan oleh Allah SWT sebagai waktu yang penuh maghfirah dan ampunan.

“Mudah-mudahan pelantikan ini menjadi momentum pembentukan profil aparatur pemerintah yang relijius, serta mampu melaksanakan tugas dan amanah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” kata Ali Ibrahim.

Dalam kesempatan itu juga, Ali Ibrahim berharap agar Sekda dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Sekretaris daerah juga diharapkan dapat mengkonsolidasi dan mengkoordinasikan, program-program prioritas Pemerintah Kota Tidore Kepulauan agar berjalan sesuai dengan perencanaan. Serta mampu membaca dinamika yang berkembang di dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan oleh Wali kota dan Wakil Wali kota.

“Untuk itu saya minta pada Sekretaris Daerah yang baru dilantik agar memelihara dan meningkatkan kualitas hasil-hasil pembangunan, menuntaskan sisa-sisa pekerjaan yang belum terselesaikan. Sebagai pejabat yang menjadi leading administrasi pemerintahan, Sekretaris Daerah harus menjadi motor penggerak bagi ASN untuk memiliki tiga aspek. Yakni, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga mampu mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” pungkas Wali Kota.

Hadir saat pelantikan tersebut Ketua Tim TP PKK Kota Tikep, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Assisten Setda dan staf ahli Wali Kota, Instansi Vertikal serta para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. (SS)