Beranda Hukrim Jelang Idul Fitri, Polairud Polda Malut Siapkan Posko Pengamanan

Jelang Idul Fitri, Polairud Polda Malut Siapkan Posko Pengamanan

134
0
BAGIKAN
Direktur Polairud Polda Malut, Kombes (Pol) Arif Budi Winofa.

TERNATE – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Polisi Laut dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara (Malut) membuat posko pengamanan di pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Dibuatkan posko tersebut guna menjaga situasi mudik berjalan lancar dan kondusif.

Direktur Polairud Polda Malut, Kombes (Pol) Arif Budi Winofa kepada media ini di ruang kerjanya, Jumat (31/05/2019) mengatakan bahwa pengamanan pelabuhan yang dilakukan itu dalam rangka operasi Ketupat Kieraha 2019 atau operasi kemanusiaan.

Selain dibuatkan posko pengamanan di pelabuhan Ahmad Yani, Polairud Polda Malut juga membuat posko pengamanan disejumlah lokasi, seperti di pelabuhan Sula Madaha, pelabuhan Dufa-Dufa, pelabuhan pasar Higenis, pelabuhan Samping Masjid Al-Munawar, pelabuhan Kota Baru, pelabuhan Semut Mangga Dua, pelabuhan Perikanan Nasional Bastiong, dan pelabuhan ASDP Cabang Ternate.

Dikatakannya, posko pengamanan itu tidak hanya di Kota Ternate, namun dibuat juga di daerah luar pulau Ternate.

“Diantaranya, pelabuhan Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, pelabuhan Kecamatan Fala Bisahaya, pelabuhan Obi, pelabuhan Halmahera Selatan (Babang), Kecamatan Batang Dua Ternate, Pelabuhan Jailolo, pelabuhan Weda, pelabuhan Gebe, pelabuhan Subaim, pelabuhan Buli, pelabuhan Kabupaten Morotai, dan pelabuhan Tobelo. Kesemuanya itu disiapkan empat anggota Polairud dan dilengkapi dengan speedboat,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa personil yang diturunkan sebanyak 90 orang dengan tugas memantau masyarakat yang beraktifitas harus berjalan aman, dan juga mengingatkan operator kapal dan speedboat dalam hal keselamatan pelayaran.

“Perhatikan cuaca, life jacket, sesuaikan jumlah penumpang, dan kalau operator mengantuk jangan dipaksakan untuk berangkat,” tuturnya.

Dikesempatan itu juga, Arif menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan transportasi perairan agar siapkan diri masing-masing dalam perjalanan, dan penumpang harus mengetahui Life Jacket berada, begitu juga dengan operator speedboat agar harus siapkan peralatan, navigasi, serta kompas. Mengingat perubahan cuaca yang begitu cepat disetiap waktu. Sembari mengingatkan agar siapkan semua dokumen saat melakukan pelayaran. (DU/HI)