Beranda Maluku Utara Pemkot Tidore Peringati HUT ke 16

Pemkot Tidore Peringati HUT ke 16

140
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan resmi berusia 16 tahun, dan peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintahan bukanlah prosesi seremonial yang dilakukan dari tahun ke tahun semata. Melainkan harus ditempatkan sebagai energi positif yang mampu mendorong kinerja terbaik dalam penyelenggaraan Pemerintahan yang baik (Good Governance).

Demikian salah satu pokok pidato Walikota Tidore Kepulauan pada Upacara Hari Ulang Tahun ke 16 Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan tahun 2019 yang dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota, Jum’at (31/5) pagi.

Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman selaku Inspektur Upacara ini berlangsung lancar dan khidmat. Cuaca panas dan kondisi puasa Ramadhan tak mengurangi kekhusyukan peserta dari awal hingga selesai upacara. Halaman kantor Walikota dipadati peserta yang terdiri dari peleton Korpri, Damkar, Syahbandar, Satpol PP, Petugas Rutan dan unsur Kepolisian.

Walikota Tidore Kepulauan dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah menegaskan “bahwa di tengah keberagaman yang ada, baik perbedaan pandangan, perbedaan pemikiran dan pemahaman serta perbedaan warna namun jika memiliki niat yang sama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kota Tidore Kepulauan maka perbedaan-perbedaan tersebut akan menjadi berkah bagi kemaslahatan bersama”. Kata Ali Ibrahim.

Oleh karena itu Tema HUT ke 16 “Dedikasi Sepenuh Hati, Prestasi Pasti” sangat tepat untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan, kesatupaduan dalam berbagai aspek dengan memanfaatkan potensi agar Tidore memiliki daya saing yang akhirnya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim juga menyebutkan sejumlah kinerja pemerintah daerah yang mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Apresiasi inilah yang menjadikan Kota Tidore Kepulauan meraih setidaknya 12 prestasi dan penghargaan dari 31 Mei 2018 sampai 2019. prestasi tersebut antara lain LPPD terbaik di Maluku Utara dan urutan ke 43 dari 92 Kota se Indonesia. Juara Tingkat Nasional Pakarti Utama I HATINNYA PKK. Anugerah Pandu Negeri Kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik oleh Institute for Public Governance (IPG). Kota Layak Pemuda tahun 2018. Kota Peduli Hak Azasi Manusia. dan Penghargaaan Opini WTP yang kelima berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Malut, serta sejumlah penghargaan tingkat nasional lainnya.

Capaian menggembirakan juga berhasil dilakukan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan selama tahun 2018, antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 69,25 persen. Capaian ini menempatkan IPM Kota Tidore Kepulauan menjadi salah satu yang terbaik di Maluku Utara yang rata-rata IPM-nya sebesar 67,54 persen. Selain itu tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Tidore Kepulauan sebesar 6,10 persen yang menempatkan Kota Tidore Kepulauan diatas rata-rata pertumbuhan  ekonomi daerah secara nasional sebesar 5,07 persen.

Upacara HUT ke 16 Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ini sedianya dipimpin oleh Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim, namun disaat bersamaan Walikota dan Wakil Walikota ada tugas penting lain di Jakarta, maka Sekretaris Daerah ditunjuk oleh Walikota untuk bertindak selaku Inspektur upacara.

Adapun petugas upacara HUT ke 16 antara lain, Pembaca sejarah singkat, Assisten Tata Pemerintahan, Umi Abd. Rasyid,Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Wakil Ketua DPRD Ahmad Laiman, Perwira Upacara Kabag Keuangan Setda, Komandan Upacara Kasubag Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah Fahrul Yunus, Pasukan Pembawa Pataka Lambang Daerah dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan, Korsik dari MA Mareku dan Paduan Suara dari SMAN 3 Tidore Kepulauan.

Upacara HUT ke 16 Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada ASN berprestasi. adapun penerima penghargaan tersebut antara lain dengan kategori (1) Guru Teladan berdedikasi melaksanakan tugas di lokasi terpencil dan moral yang baik, (2) Bidan Teladan berdedikasi melaksanakan tugas di lokasi terpencil dan moral yang baik, (3) Kepala Desa Penggerak Masyarakat berdedikasi berprestasi mampu menggerakan ekonomi masyarakat memiliki etika kepemimpinan yang melayani, (4) Lurah Penggerak Masyarakat berdedikasi berprestasi memiliki etika kepemimpinan yang melayani, (5) Penyuluh KB Teladan berdedikasi dalam tugas bekerja di lokasi terpencil, memiliki moral yang baik, dan (6) Penyuluh Pertanian Teladan berdedikasi dalam tugas bekerja di lokasi terpencil memiliki moral yang baik. Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan, Ketua DWP Kota Tidore Kepulauan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. (Hms/SS)