Beranda Maluku Utara Warga Toboko Rayakan Lebaran Ketupat, Ini Pesan Wali Kota Ternate

Warga Toboko Rayakan Lebaran Ketupat, Ini Pesan Wali Kota Ternate

121
0
BAGIKAN
Foto : Bucek for Gamalamanews

TERNATE – Warga Kelurahan Toboko, Kota Ternate Tengah memeriahkan Lebaran Ketupat yang dikemas dengan nama Tobohoko Open House.

Lurah Toboko, Iko Harita Soamole kepada wartawan, Rabu (12/6) mengatakan, tradisi yang laksanakan merupakan kebiasaan leluhur yang sampai saat ini masih di jaga oleh orang tua. Namun, zaman semakin berkembang tradisi ini hanya dibuat oleh kalangan keluarga pejabat saja.

Di Tahun 2017 saat dirinya menjabat sebagai lurah, tradisi ini kembali ditampilkan.

“Awalnya masih dilakukan oleh kalangan pejabat, tetapi sekarang masyarakat Tobohoko yang melakukan open house. Tobohoko Rumah Torang,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan, masyarakat Ternate di masa lalu adalah masyarakat yang agamais karena di zaman kesultanan, masyarakat menjalankan syariah Islam secara utuh.

“Namun, hari ini, tradisi yang awalnya dijaga telah bergeser, maka dari itu harus dijaga tradisi ini dengan baik,” pinta Wali Kota.

Lebih jauh Wali Kota mengatakan, dengan adanya tradisi ini, bisa membangun silahturahmi dengan kelurahan Toboko dan di kelurahan lainnya. “Semoga di waktu yang akan datang bisa dikemas dengan baik agar menjadi wisata religi,” tutup Wali Kota. (DU)