Beranda Maluku Utara HANI 2019, Gubernur Malut Ingatkan Milenial Hadapi Tantangan 4.0

HANI 2019, Gubernur Malut Ingatkan Milenial Hadapi Tantangan 4.0

688
0

TERNATE – Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) diperingati BNN Provinsi Maluku Utara (Malut) pada tanggal 26 Juni 2019 bertempat di Ball Room Grand Daffam Bela Hotel Ternate.

Dihadiri Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, Lc yang membacakan sambutan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla. Dalam sambutannya, gubernur menyampaikan kepada lebih dari 500 (lima ratus) undangan tentang Indonesia memiliki cita-cita sebagai negara dengan ekonomi terkuat ke lima pada tahun 2045 atau era 4.0.

“Untuk mewujudkan tantangan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh yang merupakan pergerakan pembangunan di suatu bangsa. Dengan demikian generasi muda harus dijaga agar tidak terjerumus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, hal ini dilakukan dalam rangka persiapan kader generasi muda dalam tantangan pembangunan serta bertanggungjawab terhadap masa depan kehidupan bangsa dan negara,” kata Gubernur.

Sementara Kepala BNNP Malut dalam sambutannya mengatakan peringatan HANI memiliki makna sebagai bentuk keprihatinan kita terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehingga dibutuhkan sebuah gerakan yang massif untuk menyadarkan seluruh umat manusia di dunia termasuk di Maluku Utara.

“Kondisi geografis Malut terbuka bagi wilayah lain menjadi peluang sindikat Narkoba untuk dijadikan pangsa pasar peredaran gelap Narkoba, dan menjadi keprihatinan kita bersama,” tuturnya.

Generasi milineal katanya menjadi sasaran dan target peredaran gelap narkoba dengan modus operandi memanfaatkan kemajuan arus informasi dan teknologi yang sangat cepat termasuk medsos.

“Untuk itu saya mengingatkan agar seluruh elemen bangsa terlibat melawan dan memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” cetusnya.

Sekedar diketahui, peringatan HANI 2019 yang dihadiri Forkopimda Provinsi Maluku Utara, Instansi Pemerintah Provinsi dan kabupaten kota, instansi swasta, BUMN, Akademisi Kampus, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, generasi milenial anak sekolah SMP dan SMA serta mahasiswa, duta bahasa dan Jujaro Ngungare 2019 yang membacakan Deklarasi Generasi Milenial Tolak Narkoba.

Kegiatan yang juga diliput puluhan kontributor media lokal Maluku Utara ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada penggiat narkoba dari masyarakat, pemerintah dan praktisi, dilanjutkan penyerahan Nota Kesepahaman kepada Kanwil Kemenkumham, Divisi Keimigrasian dan Poltekkes Ternate serta pengukuhan Relawan Anti Narkoba. Sejumlah atraksi juga ditampilkan seperti aksi taekwondo anak-anak, tarian dan puisi serta lagu turut menyemarakkan puncak HANI 2019. (Ogn)