Beranda Halmahera Selatan Polda Malut Berikan Bantuan Kepada Korban Gempa Bumi

Polda Malut Berikan Bantuan Kepada Korban Gempa Bumi

464
0
Kapolda Maluku Utara kunjungi lokasi gempa.

TERNATE – Polda Maluku Utara (Malut) memberikan bantuan sosial kemanusiaan kepada korban gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Malut.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Malut, Kombes (Pol) Juwari kepada awak media mengatakan, Polda Malut memberikan bantuan berupa terpal, sembako dan menerjunkan tim penaggulangan bencana.

“Selain bantuan terpal dan sembako, Kapolda Malut juga turun langsung memantau di posko induk Desa Saketa Kecamatan Gane Barat dengan jumlah keseluruhan 81 personel, Untuk tim penanggulangan bencana dari Polda Malut terdiri dari, 32 personil Brimob, Samapta 31 personel, 12 trauma healing serta 6 personil lain yang tergabung dalam tim,” kata Juwari kepada wartawan, Rabu (17/07/2019)

Lanjut Juwari, untuk personel dan bantuan dari Polda Malut, untuk korban gempa di Halsel pihaknya sudah berangkatkan melalui jalur darat Sofifi, pada sore kemarin.

Dari data ASDP menyebutkan, hingga saat ini pihaknya baru menyalurkan kurang lebih 7 bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Kabupaten Halsel dengan rincian 4 truk bantuan dari polda, 2 truk bantuan dari BPBD serta 1 truk bantuan dari LSM.

“4 truk bantuan dari Polda itu merupakan bantuan untuk tahap awal, sementara untuk tahap kedua nanti akan disesuaikan dengan apa yang paling dibutuhkan,” tuturnya.

Dari hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait di tingkat provinsi yang berlangsung hari ini, yang paling menjadi prioritas pertama pasca gempa adalah makanan, minuman, tempat tidur, obat-obatan serta MCK.

“Dari data sementara yang diterima dari Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, kurang lebih 5 orang meninggal dunia, luka berat 31 orang, luka ringan 19 orang dan jumlah pengungsi untuk sementara sebanyak 27.951 orang yang tersebar di 25 desa,” tutupnya. (Ogn)