Beranda Halmahera Selatan Kapolda Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-105

Kapolda Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-105

488
0

LABUHA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kabupaten Halmahera Selatan di Desa Saketa Kecamatan Gane Barat, resmi ditutup, Kamis (8/08/2019).

Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Suroto M.Si. Turut hadir Dandrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto S.Ip, MM,  Bupati Halmahera Selatan H. Bahrain Kasuba S.Pd, M.Pd, Wakil Bupati Iswan Hasjim ST, MT, Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe SE, MM, Kepala Kementerian Agama Labuha H Hasyim H. Hamzah, Dandim se-Maluku Utara, Pimpinan Bank, dan para kepala desa yang berada di sasaran TMMD.

Saat menjadi inspektur upacara, Kapolda membacakan sambutan Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq S.H, M.H. TMMD adalah wujud kegiatan TNI bersama masyarakat untuk ikut mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Menurutnya ,TMMD telah berjalan dengan lancar dan sukses.

“Atas dukungan penuh dari Bupati Halsel, kegiatan TMMD ini berjalan secara lancar dan sesuai rencana,” ujarnya.

Dia berharap proyek yang telah selesai dan diserahkan ke Pemkab Halsel nantinya bisa dipantau dan dipelihara dengan baik.

“Proyek yang sudah selesai ini kami harapkan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” tegasnya.

Sesuai laporan Komandan Satgas TMMD, Letkol Inf Imam Hanafi, seluruh sasaran dapat diselesaikan 100 persen.

Sementara untuk hasil pembangunan fisik progam TMMD sendiri meliputi, pembangunan jalan setapak sepanjang 1.092 m, drainase sepanjang 117 m, MCK 7 unit, pembuatan talud, jembatan, rehab masjid dan gereja, serta pembuatan lorong koridor. Kemudian untuk pembangunan non fisik antara lain penyuluhan bela negara, Kamtibmas, kehutanan, pertanian, pendidikan, dan sosial.

Kegiatan TMMD dilaksanakan selama 30 hari dimulai dari 10 Juli hingga 8 Agustus 2019.
Dalam sambutan Pangdam yang dibacakan Kapolda Malut mengharapkan agar TNI dan masyarakat selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan.

“Hal itu menjadi refleksi kekuatan yang besar dari segenap komponen masyarakat, yang memiliki visi dan misi bersama guna mengatasi persoalan masyarakat dan pembangunan di daerah,” ucapnya.

“Saya berterima kasih serta mengapresiasi Bupati Halmahera Selatan dan jajarannya, serta kepada seluruh  masyarakat yang telah bahu membahu bersama personil Satgas TMMD  menyelesaikan pembangunan sasaran fisik dan non fisik TMMD Tahun 2019 diwilayah Kodam XVI/Pattimura,” ucap Inspektur Upacara.

Acara penutupan ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan proyek dari Dandim 1509/Labuha kepada Bupati Halmahera Selatan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis mesin penetas telur dan alat-alat olahraga dari Dandrem 152/Babullah kepada Camat Gane Barat,  dan penyerahan sembako gratis kepada kepala desa sasaran TMMD dari Bupati Halmahera Selatan.

Penutupan TMMD tersebut diakhiri dengan persembahan tarian Cakalele dari masyarakat Desa Cango Kecamatan Gane Barat dan diikuti oleh Kapolda Malut, Dandrem 152/Babullah, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Halsel. (Raja)