Beranda Halmahera Barat Jelang HUT RI ke 74, Warga Empat Desa di Halmahera Barat Nikmati...

Jelang HUT RI ke 74, Warga Empat Desa di Halmahera Barat Nikmati Listrik

874
0
Bupati Halmahera Barat, Danny Missy gunting pita tanda aliran listik mengalir di empat desa, Kabupaten Halmahera Barat.

HALBAR – Tepat 74 Tahun Indonesia Merdeka, pihak PLN resmi memasang aliran listrik di empat Desa di Kabupaten Halmahera Barat pada pada hari Kamis kemarin (15/8).

Empat desa yang dipasangi aliran listrik adalah Desa Sasur Kecamatan Sahu, Desa Sasur Pantai, Desa Goro-Goro Kecamatan Sahu serta Desa Tabobol di Kecamatan Ibu Selatan.

Matias salah satu warga Desa Sasur mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraan saat PLN mengaliri listrik di Desanya.

“Saya dan masyarakat lainnya sangat senang, kini semua warga dapat menikmati listrik. Kalau sebelumnya cuma sebagian warga saja yang menikmati karena punya genset. Anak-anak juga nantinya dapat belajar dengan tenang karena sudah ada penerangan di malam hari,” ungkap Matias.

Keberhasilan dalam melistriki keempat desa tersebut tidak terlepas dari adanya sinergi positif antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Barat, PLN serta masyarakat desa.

Sebelumnya, akses menuju Desa Sasur tidak bisa ditempuh dengan jalur darat yang kemudian dilakukan pembangunan akses jalan oleh Pemda Halmahera Barat sehingga PLN dapat membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 25,75 Km.

Selain itu, PLN juga membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,5 kms, 1 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA dan 3 buah Trafo Distribusi kapasitas 50 kVA.

Bupati Halmahera Barat Danny Missy mengucapkan apresiasi dan terima kasihnya kepada PLN yang telah berhasil melistriki keempat desa tersebut yang diharapkan dapat membantu mendorong peningkatan kegiatan usaha masyatakat serta kegiatan sehari-hari.

“Pemerintah daerah (Pemda) juga akan membantu terkait dengan biaya pasang baru dan instalasinya, agar bisa menggunakan Dana Desa sehingga tidak membebani masyarakat”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager PLN Unit Pelakasana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi Yusrizal menyampaikan bahwa ini juga merupakan salah satu kerja nyata dan pelayanan dari PLN untuk terus menghadirkan listrik bagi kehidupan masyarakat.

“Dengan dilistrikinya desa-desa tersebut, maka kini tersisa 15 desa yang akan segera kami listriki di Kabupaten Halmahera Barat. Secara total kini tersisa 58 desa dari total 692 desa yang akan segera kami listriki di Pulau Halmahera & Morotai,” tutup Yusrizal. (Rls/HI)