Beranda Halmahera Selatan DMC Dompet Duafa, Bangun MCK dan Mushola Darurat di Desa Gane Luar

DMC Dompet Duafa, Bangun MCK dan Mushola Darurat di Desa Gane Luar

815
0
Sarana MCK yang dibangun Dompet Duafa di lokasi terdampak bencana gempa, Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. (Foto: Dompet Duafa)

HALMAHERA SELATAN – Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, merupakan salah satu desa dengan dampak terparah akibat gempa Halmahera Selatan yang terjadi 14 Juli 2019 lalu.

Sekitar delapan puluh persen rumah penduduk mengalami kerusakan dan membuat mereka harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Seperti pengungsian pada umumnya, fasilitas umum yang ada sangat terbatas.

“Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang fokus mendampingi penyintas di Gane Luar berusaha membantu para korban dengan membangun MCK dan mushola darurat,” demikian dikatakan Erwandi Saputra Koordinator Lapangan Respon DMC Dompet Dhuafa untuk Gempa Halmahera Selatan.

Salah seorang warga korban gempa yang kini bermukim di Pos Pengungsian Gunung Lopong, Desa Gane Luar, Bakri (46) menyambut gembira kehadiran para relawan Dompet Dhuafa dan program-program yang dilaksanakan.

“Apalagi dibangun MCK semi permanen seperti itu, kita berterima kasih sekali. Sejak tinggal di sini sulit kalau ingin buang air harus ke bawah dulu, ke pantai. Dengan adanya fasilitas inikan kita jadi mendapat banyak kemudahan kalau ingin ke kamar mandi,” ucapnya. Bakri mengaku semua anggota keluarganya telah memanfaatkan fasilitas ini.

Terpisah, Dewi (40) warga pengungsi di Jalan Poros juga mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Dompet Dhuafa atas dibangunnya mushola darurat. Kini warga pengungsian bisa mendengar lagi azan saat waktu shalat tiba. Pun warga bisa kembali melaksanakan shalat berjamaah bersama.

Perlu diketahui, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa adalah jejaring dari Dompet Dhuafa yang menjadi garda terdepan dalam pengelolaan kebencanaan, baik dalam maupun luar negeri. Telah beraktifitas sejak tahun 1994, DMC Dompet Dhuafa secara resmi berdiri pada 25 Maret 2010 dengan tugas pokok pengelolaan kebencanaan pada masa sebelum terjadi bencana (pra bencana) melalui kampanye pengurangan resiko bencana, saat terjadi bencana (tanggap darurat) dengan respon bencana dan setelah terjadi bencana (pasca bencana) dengan pemulihan. (Rls/Ik)