Beranda Maluku Utara Hari Perhubungan Nasional, Dishub Pulau Taliabu Gelar Bersih Pantai

Hari Perhubungan Nasional, Dishub Pulau Taliabu Gelar Bersih Pantai

712
0
Aksi bersih pantai dalam rangka Hari Perhubungan Nasional di Kabupaten Taliabu. (Foto:Istimewa)

TALIABU – Dinas Perhubungan Pulau Taliabu, menggelar aksi bakti sosial di sepanjang Pantai Bobong, Kamis (12/9).

Aksi sosial itu merupakan rangkaian dari kegiatan perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh setiap 17 September tahun berjalan. Perayaan Harhubnas Ke-48 Tahun ini dengan tema “Bakti Nyata Dinas Perhubungan”.

Kadis Perhubungan Pulau Taliabu, Abd. Kadir Nur Ali, S.Sos, mengatakan bahwa kegiatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Kabupaten Pulau Taliabu, untuk tahun ini diadakan kegiatan bakti sosial dengan melakukan pembersihan pantai Desa Bobong, dengan melibatkan beberapa instansi berupa TNI AD, pihak kecamatan, desa, Syahbandar, Satpol PP.

“Kegiatan hari ini khusus untuk pembersihan bibir pantai,” jelasnya.

Karena, sesuai arahan Menhub melalui Dirjen Laut, menginstruksikan untuk melaksanakan gerakan bersih laut dan pantai secara nasional. Karena, limbah rumah tangga yang di buang ke laut melalui pantai terus meningkat, dimana berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik disebutkan bahwa sampah plastik mencapai angka 64 juta ton pertahun dimana 3,2 ton dibuang ke laut.

“Dengan kajian ini Dishub akan bekerja sama dengan dinas terkait dan desa untuk menjaga warga untuk tidak membuang sampah rumah tangga di laut dan pantai lagi,” tambahnya.

Dengan langkah ini, nantinya pencemaran laut dari limbah plastik akan berkurang, apalagi sejuah ini pantai Bobong terutama pesisir pulau Taliabu dari timur sampai selatan, para nelayan sering mengeluhkan sampah plastik yang berserahkan di pantai.

“Secara bertahap kita akan atasi limbah sampah rumah tangga yang berserakan di laut ini,” tandasnya. (HH)