Beranda Maluku Utara Ini Penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Morotai,  Soal Pelaksanaan Seleksi CPNSD...

Ini Penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Morotai,  Soal Pelaksanaan Seleksi CPNSD 2019 di Morotai

1679
0
Kepala BKD Pulau Morotai, Hi. Alfatah Sibua.

MOROTAI – Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, belum dipastikan kapan akan dimulai. ”Memang kalau kita lihat berdasarkan dari hasil rapat koordinasi itu tahapan dimulai pada bulan Oktober 2019. Hanya saja untuk tanggal pelaksanaan tes kami belum tahu,” cetus Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pulau Morotai, Hi Alfatah Sibua, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/10).

“Dimana, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 82 tahun 2019, Tentang perubahan penetapan dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2019 dan memperhatikan usulan kebutuhan/reformasi yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintahan Daerah melalui sistem elektronik (e-formasi) sebagian besar perlu penyesuaian dengan surat Menteri PANRB nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tanggal 17 Mei 2019, sehingga membutuhkan waktu pengolahan yang relatif lama. Olehnya karena itu, pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang semula direncanakan selesai pada tahun 2019, baru dapat di mulai bulan Oktober 2019,” terang Kaban.

Lanjutnya, ”Atas dasar ini maka perubahan jadwal telah disepakati dalam rapat di Kementerian PANRB pada tanggal 30 September 2019 yang dihadiri unsur dari beberapa kementerian yakni, Kementerian PANRB, Kemenkeu (Ditjen anggaran, Ditjen Perimbangan dan Ditjen perbendaharaan), Kemendagri, Kemenkes, Kemendikbud, BKN, BPKP, Pemda DKI, dan Pemda Jawa Timur,” ucap Alfatah.

Ditanya apakah kuota untuk Kabupaten pulau Morotai sudah ditetapkan oleh Kementerian PANRB, dirinya mengaku bahwa, ”Untuk kuota CPNS kami sampai saat ini belum ditetapkan, karena dalam Rakornas itu tidak bahas soal Kouta CPNS, tetapi mereka hanya menyampaikan sesuai dengan isi surat di atas,” aku Kaban.

Masih kata Alfatah, “Untuk jadwal pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS formasi tahun 2019, berdasarkan tahap kegiatan diumumkan pada bulan Oktober ini yakni, pendaftaran bulan November 2019, pengumuman hasil seleksi administrasi bulan Desember 2019, massa sanggah dan pengumuman jadwal Seleksi Kompotensi Dasar (SKD) bulan Januari 2020, pelaksanaan SKD bulan Februari, pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompotensi Bidang (SKB) di bulan Maret, integrasi nilai SKD dan SKB maupun penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS jatuh pada bulan April,” tandasnya. (Ical)