Beranda Halmahera Selatan Ini Komentar Ketua DPD PAN Halsel Soal Surat Tugas Salah Satu Bakal...

Ini Komentar Ketua DPD PAN Halsel Soal Surat Tugas Salah Satu Bakal Calon Bupati  

269
0
BAGIKAN
Ketua DPD PAN Kabupaten Halmahera Selatan, Nahrawi Rabul. (Foto: Istimewa)

LABUHA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Halmahera Selatan (Halsel) melalui ketuanya Nahrawi Rabul, menyampaikan penolakan terhadap surat tugas bakal calon bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, yang di keluarkan oleh DPP tertanggal 4 Oktober 2019.

Kata Nahrawi, pihaknya tidak akan menindaklanjuti surat tugas yang dikeluarkan oleh DPP Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap calon Bupati Halsel Usman Sidik, karena pihaknya secara resmi, bersama pengurusnya menolak.

Ia menjelaskan, penolakan ini dinilai oleh DPD cacat inkonstutisional karena ada beberapa poin persyaratan tidak dijadikan rujukan oleh DPP. salah satunya peraturan partai nomor 3 tahun 2015.

“Kan kalau keputusan, minimal ketua DPD diundang untuk menyampaikan kondisi daerah dan sebagainya, ini kan tidak, maka kami menolak rekomemdasi itu,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahkan sampai hari ini belum ada pemberitahuan resmi dari DPP ke DPD terkait surat tugas tersebut, sehingga masih menjadi polemik.

“Saya tahunya dari media (pemberitaan) maka itu akan menjadi bahan evaluasi kami, dan kami menolak rekom tersebut,” terangnya.

Ketika ditanya waktu pemilihan yang ditentukan oleh DPP, Nahrawi menyatakan tidak mengetahuinya. ”Yang saya ketahui DPD Halsel melakukan penolakan. Namun seperti apa kelanjutannya, mari kita lihat bersama ke depan,” jelasnya.

Untuk mekanisme penjaringan seperti apa, sehingga muncul nama Usmam Sidik, Nahrawi mengaku, tidak mengetahui seperti apa tolak ukurnya, sampai keluar surat rekomendasi tersebut.

”DPD PAN Halsel kan belum mengeluarkan keputusan, tiba-tiba sudah ada surat rekomendasi, dan itu menjadi pertanyaan teman-teman. Apalagi kami tidak tahu seperti apa prosesnya. Maka dari itu, semua kader PAN menolak rekomendasi itu,” tutupnya.(Raja)