Beranda Maluku Utara Wali Kota Tidore Direncanakan Jadi Narasumber pada Kegiatan Pengenalan dan Penetrasi Pasar...

Wali Kota Tidore Direncanakan Jadi Narasumber pada Kegiatan Pengenalan dan Penetrasi Pasar di Wilayah Eropa I dan Penggalangan Sektor Usaha Unggulan

183
0
BAGIKAN
Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim. (Foto: Istimewa)

TIDORE KEPULAUAN – Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim pada Jumat, 8 November 2019 mendatang menjadi narasumber dalam kegiatan pengenalan dan penetrasi pasar di wilayah Eropa I dan penggalangan sektor usaha unggulan menjelang Circumnavigation Business forum 2020 yang dilaksanakan di Makassar Sulawesi Selatan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa.

Ali Ibrahim dalam kegiatan tersebut bakal membawakan paparan materi berupa Hasil-hasil pertemuan ke-10 GNMC oleh Wali Kota Tidore selaku Wakil Presiden GNMC.

Hal tersebut disampaikan Kabag Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan, Zulkifli Ohorella di ruang kerjanya, Rabu (6/11).

“Jadi tanggal 7-8 wali kota hadiri kegiatan di Makassar yang digelar Kementerian Luar Negeri RI Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa terkait promosi ekonomi di GNMC 2020 yang mana dalam kegiatan itu bapak wali kota Ali Ibrahim di undang sebagai narasumber,” kata Ko Ipi sapaan akrabnya.

Dikatakan juga, sesuai dengan surat tertanggal 24 Oktober 2019 dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa yang diterima pemerintah Kota Tidore Kepulauan, perihal permohonan menjadi narasumber kepada Wali Kota Tidore Kepulauan, menyebutkan salah satu pokok suratnya adalah memanfaatkan peristiwa 500 tahun pelayaran keliling dunia pertama (Circumnavigation) dan menindaklanjuti pertemuan ke-10 GNMC di Tidore Kepulauan tanggal 16-18 Julu 2019, Kementerian Luar Negeri telah mencanangkan Program Prioritas Nasional (ProPN) Tahun 2020, yakni Promosi Ekonomi melalui Partisipasi pada Peringatan 500 Tahun pelayaran mengelilingi dunia pertama (Circumnavigation).

Lanjut ko Ipi, masih dari pokok surat tersebut juga menyebutkan Program akan berbentuk promosi ekonomi untuk mendukung percepatan pembangunan di Wilayah Tumur Indonesia, khususnya Kepulauan Maluku yang memiliki lkatan sejarah dengan Pelayaran Magellan – Elcano di awal abad ke-16. Beberapa kegiatan yang direncanakan pada tahun 2020 dalam kerangka ProPN adalah penyelenggaraan Forum Bisnis di Spanyol dan Portugal yang direncanakan pada Juni 2020 yang difokuskan pada kegiatan promosi Wilayah Kepulauan Maluku. (SS)