Beranda Maluku Utara Dandim 1501/Ternate bersama Wawali Kota Ternate Tinjau Lokasi Gempa di Batang Dua

Dandim 1501/Ternate bersama Wawali Kota Ternate Tinjau Lokasi Gempa di Batang Dua

172
0
BAGIKAN
Komandan Kodim 1501/Ternate (Dandim) Kolonel Czi Mahfud Ghozali bersama Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Taher dan rombongan saat melakukan peninjauan ke lokasi gempa di Batang Dua. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Komandan Kodim 1501/Ternate (Dandim) Kolonel Czi Mahfud Ghozali bersama Wakil Wali (Wawali) Kota Ternate Abdullah Taher, Waka Polres Ternate Kompol Jufri Dukomalamo bersama BNPB dan BPBD, 30 personel Tagana Relawan Kota Ternate melakukan peninjauan ke lokasi terdampak gempa bumi di kelurahan Mayau kecamatan Batang Dua.

Rombongan bertolak dari pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate dengan tujuan Kelurahan Mayau Kecamatan Batang Dua, menggunakan kapal KPLP dengan membawa bantuan untuk pengungsi berupa bahan makanan dan obat obatan sesuai yang dibutuhkan warga setempat saat ini.

Dandim 1501/Ternate Kolonel Czi Mahfud Ghozali dalam kunjungannya mengatakan, Kegiatan tersebut dalam rangka meninjau pengungsi dan pendataan kerusakan secara fisik akibat gempa dengan Kekuatan magnitudo 7,1 yang terjadi pada Jumat (17/11/2019) dini hari pukul  01:17 Wit.

Lebih lanjut, Mahfud menyebutkan sebanyak 46 unit bangunan di kecamatan Batang Dua mengalami kerusakan, yang berdampak pada empat kelurahan , diantaranya kelurahan Lelewi, Mayau, Perum Bersatu dan Bido.

“Untuk kelurahan Lelewi ada 9 unit rumah warga dan 1 rumah ibadah (gereja) yang mengalami rusak ringan, di kelurahan Mayau terdapat 20 unit rumah warga, 1 unit gereja, 2 unit sekolah SMP dan SMA, 1 unit Bank dan 1 unit Puskesmas juga mengalami rusak ringan,” ujar Mahfud.

Sementara untuk dua kelurahan yakni kelurahan Perum Bersatu ada 2 unit rumah warga yang mengalami kerusakan ringan dan kelurahan Bido terdapat 8 unit rumah warga dan 1 unit gereja rusak ringan.

“Jadi total kerusakan bangunan untuk rumah warga ada 39 unit, Gereja 3 unit, sekolah 2 unit, puskesmas 1 unit dan bank 1 unit,” tambahnya.

Sekitar pukul 22.30 Wit rombongan tiba di kelurahan Mayau, kemudian langsung menuju ke tempat pengungsian. Setibanya di lokasi pengungsian Forkopimda yang juga ikut meninjau kemudian memberikan himbauan dan arahan kepada pengungsi yang masih di tenda pengungsian sekaligus mengecek dan mendata kerusakan lainnya. (Rls/NT)